Kearifan Lokal Harus Jadi Basis Penanganan Bencana

Kearifan Lokal Harus Jadi Basis Penanganan Bencana

detakbanten.com BANTEN - Penanggulangan bencana alam seharusnya berbasis pada kearifan lokal di masing-masing wilayah. Pola penanggulangan seperti itu dilakukan agar masyarakat mengetahui bagaimana tentang potensi bencana yang sering terjadi serta paham akan tanda-tanda alam yang mengisyaratkan datangnya bencana.

Gubernur Banten Rano Karno saat memimpin Apel Siaga Bencana Hari Sadar Bencana dan Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana Tingkat Provinsi Banten, di Lapangan Puspitek, Tangerang Selatan,  mengatakan masyarakat seyogyanya diajak memetakan wilayah, membuat jalur evakuasi kemana harus menyelamatkan diri jika terjadi bencana, dimana titik aman untuk berkumpul dan instansi mana yang harus dihubungi.
 1
"Kita bersama-sama perlu menggali nilai-nilai kearifan lokal untuk menjaga keseimbangan alam sekaligus tahu harus berbuat apa jika ada bencana, hingga kini para ahli sekalipun belum bisa memprediksi kapan waktunya akan terjadi bencana. Semua upaya nyata untuk melibatkan masyarakat agar sadar bencana sangat sejalan dengan konsep pengembangan masyarakat dimana salah satunya adalah dengan cara menyediakan informasi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi bencana," ucap Rano saat memimpin apel Rabu (7/10).

Berkaitan dengan kegiatan peringatan bulan pengurangan resiko bencana, Rano menyatakan, upaya-upaya nyata telah dilakukan oleh pemerintah guna mengantisipasi. Mengadapi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Banten serta seluruh komponen masyarakat.

"Pemerintah akan terus berupaya secara optimal untuk bekerja guna memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan dampak bencana," jelasnya.
3
Apel Siaga Bencana diikuti oleh Ratusan personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BNPB, BPBD Provinsi, BPBD Kabupaten/Kota, Pecinta alam dan Pelajat. Dalam kesempatan ini juga Gubernur memberikan bantuan pompa air sebanyak 62 buah untuk wilayah yang dilanda kekeringan di Banten.

Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online