Lima Contoh Ide Bisnis Modal Kecil

detak.co.id Meta desc: Butuh uang tambahan? Mau usaha, tapi terkendala modal? Jangan bingung! Simak ide bisnis modal kecil ini dijamin untung!

Bisnis modal kecil semakin populer dan dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sesuai dengan namanya, bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal. Risiko kegagalan pun minim, sedangkan peluangnya terbuka lebar. Tak heran jika bisnis ini sangat disukai oleh semua kalangan, terutama pebisnis pemula.

Nah, bagi Anda yang tertarik terjun ke dunia bisnis, ada sejumlah ide usaha modal kecil yang paling direkomendasikan. Adapun daftarnya, antara lain sebagai berikut.

1.    Bisnis Makanan Ringan

Orang Indonesia sangat menyukai camilan, seperti gorengan, keripik, biskuit, dan wafer. Maklum saja, makanan ringan sangat cocok dihidangkan dalam berbagai suasana. Selain lezat, harganya pun murah. Tak heran jika banyak sekali di pasaran yang menjual aneka camilan.

Jika Anda ingin meraih penghasilan tambahan, cobalah untuk menjalankan bisnis makanan ringan. Anda bisa menjual aneka kue dan gorengan atau camilan kekinian, seperti keripik pedas, mi lidi, makaroni, dan basreng. Anda tidak harus membuatnya sendiri, cukup mengambil dari produsen lalu dijual kembali dengan kemasan yang menarik.

Promosikan camilan yang Anda jual melalui media sosial. Lakukan promosi, seperti diskon untuk pembelian minimal atau gratis ongkos kirim. Untuk memperluas bisnis Anda, terapkan sistem keagenan dan dropship. Dijamin usaha Anda akan semakin dikenal.

2.    Bisnis Minuman

Selain makanan, usaha minuman pun tak kalah menjanjikan. Bisnis ini banyak dipilih karena peluangnya sangat luas dengan potensi keuntungan yang besar. Ada banyak sekali jenis minuman yang dapat Anda pilih. Mulai dari minuman cokelat, kopi, susu, hingga aneka jus.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat membeli paket kemitraan. Umumnya paket waralaba sudah termasuk bahan baku dan alat. Dengan begitu, Anda dapat langsung menjalankan bisnis minuman.

Memulai usaha minuman tak jauh berbeda dengan usaha lainnya. Anda harus memperhatikan sejumlah faktor penentu kesuksesan bisnis, seperti pemilihan lokasi, harga jual, pelayanan, kualitas produk, dan pemasaran. Jika semua poin tersebut dapat Anda penuhi, impian untuk menjadi pebisnis sukses sudah di depan mata.

3.    Bisnis Pulsa

Bisa dibilang bisnis pulsa adalah bisnis modal kecil yang paling populer. Meskipun sudah banyak penjual pulsa, baik secara offline maupun online, tetapi bisnis ini tetap menjanjikan keuntungan yang besar. Untuk memulai usaha ini, daftarkan diri Anda sebagai agen pulsa. Pilih distributor yang menawarkan harga bersaing.

Berjualan pulsa tidak memerlukan tempat, Anda dapat menjualnya melalui media sosial atau website. Cara ini lebih menguntungkan daripada menjual secara langsung melalui toko fisik. Pasalnya, sebagian besar orang lebih menyukai transaksi online karena lebih praktis.

Bagi penjual, hal ini sangat menguntungkan karena dapat memperluas cakupan bisnis. Memang harga jual pulsa melalui website sedikit lebih rendah, tetapi penggunanya berkali lipat lebih banyak. Secara otomatis, keuntungan yang Anda dapatkan pun meningkat.

4.    Bisnis Barang Bekas

Barangkali bisnis barang bekas belum begitu populer di Indonesia. Namun, di negara lain usaha ini menjadi alternatif terbaik untuk menghasilkan uang sekaligus menolong orang. Tidak semua orang sanggup membeli barang baru karena terkendala kondisi finansial. Meskipun terkesan remeh, tetapi bisnis ini menjanjikan. Menjual barang bekas, seperti barang elektronik, tas, pakaian, atau sepatu cukup menguntungkan.

Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat mengumpulkan barang pribadi yang sudah tidak digunakan, tetapi masih layak pakai. Ambil gambar lalu unggah melalui media sosial. Pastikan untuk mencantumkan harga dan deskripsi barang. Selain sosial media, Anda bisa menjualnya melalui marketplace.

5.    Bisnis Pangkas Rambut

Usaha modal minim selanjutnya adalah bisnis pangkas rambut. Untuk memulai usaha ini setidaknya Anda harus memiliki kemampuan memotong dan memangkas rambut. Anda dapat mengambil kelas khusus potong rambut pria. Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari teknik dan aneka model rambut sekitar tiga hingga enam bulan.

Jika Anda terlalu sibuk atau merasa kesulitan, Anda dapat menyediakan tempat pangkas rambut dan menyewa tenaga harian dengan sistem bagi hasil. Cara ini menguntungkan kedua belah pihak. 

Demikianlah sejumlah bisnis modal kecil yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pilih bisnis yang menurut Anda paling mudah dan sesuai dengan budget. 

Rate this item
(0 votes)
Go to top