RSJD Cinere, Komitmen Mochtar Riady Untuk Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat

Detakbanten.com CINERE, KOTA DEPOK - Gedung baru Rumah Sakit Jantung Diagram (RSJD) Cinere, Kota Depok, Jawa Barat secara resmi dibuka konglomerat senior yang juga Chairman Lippo Group Mochtar Riady, Kamis (29/08/2019)

RSJD Cinere yang terletak di kawasan strategis di Jalan Raya Cinere, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat yang tergabung dalam manajemen Siloam Hospitals Group merupakan rumah sakit khusus pelayanan jantung Type C dengan standar pelayanan kesehatan modern serta didukung tenaga medis handal yang bertaraf internasional.

Dalam kesempatan "Soft Launching" RSJD Cinere tersebut, Mochtar Riady menuturkan, bahwa pada 1990, dirinya pernah menjalani operasi jantung di sebuah rumah sakit di Sydney, Australia. Bahkan, Ia pun pernah memeriksakan kesehatan jantungnya di Mayo Clinic di Amerika Serikat.

Di sana, lanjut Mochtar, pelayanan pemeriksaannya berjalan sangat maksimal dan efektif. Menurutnya, oleh tim medis di rumah sakit tersebut, Mochtar ditanya tentang kondisi yang dirasakan pada jantungnya selama lebih kurang tiga setengah jam.

"Saya berpikir, para dokter ini sangat perhatian dan terlihat sangat berkomitmen tinggi terhadap kesehatan pasien," ungkap Mochtar Riady.

Dari pengalamannya berobat di luar negeri, Mochtar berharap, dokter-dokter di Indonesia juga bisa menunjukkan perhatian yang sama kepada pasien, agar tidak muncul anggapan bahwa dokter di luar negeri lebih hebat daripada dokter di Indonesia.

"Semua kembali kepada komitmen dokter-dokter tersebut," imbuhnya.

Salahsatu bukti bahwa dokter di Indonesia tak kalah hebatnya, sebagaimana diakui Mochtar, adalah dengan keberhasilan operasi jantung anak Mochtar Riady di Indonesia yang ditangani oleh dokter Profesor Harry Suryapranata, seorang ahli cardiology yang telah menerima banyak penghargaan dari seluruh dunia.

"Saya bersyukur orang hebat seperti Prof. Harry ini kembali ke Indonesia dan memilih untuk membaktikan dirinya bagi bangsa dan negara ini," kata Mochtar, dengan penuh suka cita.

Sementara itu Prof. Harry Suryapranata yang juga merupakan CEO RSJD Cinere dalam kesempatan sambutannya mengatakan, bahwa pada awalnya RS Jantung Diagram adalah sebuah klinik cardiovaskular pada 2006. Kemudian, lanjut Prof. Harry, klinik tersebut berkembang menjadi rumah sakit khusus jantung hingga bergabung dengan Siloam Hospital Group pada 2012.

Diketahui, RSJD merupakan rumah sakit ke-13 yang ada di jaringan Siloam Hospitals Group. Pendirian Rumah Sakit Jantung Diagram, ujar Harry, dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah penderita penyakit jantung di Indonesia, dan belum tercukupinya fasilitas pelayanan jantung, serta tuntutan masyarakat akan peningkatan kualitas kemampuan pelayanan jantung dalam hal kecepatan dan ketepatan diagnostik dan therapy.

Harry berharap, Indonesia bisa mengadopsi banyak ilmu kesehatan dari luar dan menerapkannya di Indonesia dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi yang ada. Tujuannya, agar derajat kesehatan masyarakat Indonesia lebih baik tanpa harus berobat di luar negeri.

"Kedepan, kami ingin menjadi _cardiac command center_," ungkapnya.

Direktur RSJD Cinere dr Hoyi Siantoresmi, MARS memaparkan profile RSJD dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya, termasuk gedung baru yang tengah diresmikan tersebut.

"Gedung ini terdiri atas 11 lantai. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya pembangunan gedung baru ini. Kami terus berkomitmen untuk layanan jantung yang profesional dan tepercaya," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Mochtar Riady bersama Harry Suryapranata dan sejumlah pejabat memotong tumpeng dan menggunting rangkaian melati di depan pintu lobby utama RSJD Cinere sebagai momentum penting peresmian gedung baru RSJD Cinere.

Selain utusan Menteri Kesehatan RI dan undangan VVIP lainnya, acara juga dihadiri pejabat pemerintahan setempat, yakni Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Depok Achmad Kafrawi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Depok Yulistiani Mochtar, dan Kepala BPJS Cabang Kota Depok Irfan Qadarusman.

Rate this item
(0 votes)
Go to top