Liburan ke Tempat Wisata Unik di Indonesia Ini Yuk

 Selancar di Sungai Kampar Selancar di Sungai Kampar sumber:exploresumatra.com

detak.co.id Jakarta - Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa. Dari ujung ke ujung, ada ratusan ribu tempat yang wajib dikunjungi karena tidak hanya menarik, tapi juga memiliki sisi unik yang tak dipunyai oleh Negara lain. Beberapa tempat wisata populer berikut ini adalah referensi tempat wisata unik ala Traveloka. Kamu bisa menjelajahinya satu demi satu dan dapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan seumur hidup.

Danau Mariona

Tepatnya di Pulau Kakaban, Kalimantan, terdapat danau yang berisi ubur-ubur. Uniknya, ubur-ubur ini tidak menyengat seperti halnya ubur-ubur yang ada di laut. Danau ini berisi ubur-ubur karena berair payau, perpaduan air laut dan tawar. Menyelam di danau ini tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan pengalaman luar biasa karena bisa berenang dengan ubur-ubur.

Tradisi Ma'Nene Ala Toraja
Ma'Nene adalah prosesi pemakaman ala masyarakat Toraja yang penuh dengan ritual magis. Bagi masyarakat setempat, seorang jenazah akan berjalan sendiri menuju makamnya yang terletak di atas gunung. Upacara ini berlangsung dengan sangat meriah dan memakan biaya super besar, jadi biasanya hanya dilakukan oleh keluarga bangsawan saja.
Ketika mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung upacara Ma'Nene, pastikan untuk tidak menyia-nyiakannya. Selain belakangan jadi pemandangan yang langka, upacara ini mengajarkan kita bahwa Indonesia punya budaya yang harus dilestarikan dengan baik.

Gereja Ayam
Bangunan ini dulunya dianggap aneh dan angker lantaran tak dipergunakan lagi sebagai tempat ibadah. Namun setelah film AADC 2 meluncur di pasaran, pamor Gereja Ayam yang dulunya angker, berubah jadi tempat wisata favorit mereka yang berkunjung ke Yogyakarta.
Di ujung mahkota Gereja Ayam, akan terlihat pemandangan daerah sekitarnya yang cantik. Tapi karena belakangan ngehits, kamu harus memastikan untuk melakukan reservasi dan masuk daftar tunggu untuk bisa masuk ke dalamnya.

Tapak Kaki Raksasa di Aceh

aceh
(sumber:pendidikanaceh.com)

Percaya adanya raksasa? Entah ini memang kaki raksasa atau hanya sekedar bentukan air laut selama ratusan tahun yang membuat karangnya seolah pernah dipijak kaki ukuran sangat besar, itulah yang nampak di Tapaktuan, Aceh.
Panjang tapak kaki ini enam meter! Ukuran yang luar biasa besar, yang dipercaya masyarakat setempat sebagai telapak kaki Tuan Tapa, seorang pertapa yang bertubuh raksasa yang pernah tinggal di kota Tapaktuan beberapa ratus tahun silam. Karena tapak ini pula, kotanya dinamakan Tapaktuan.

Berselancar di Sungai Kampar

Surfing di sungai? Mungkin cuma ada di Indonesia, tepatnya di Sungai Kampar. Ketika musim kemarau tiba, gelombang di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan cukup tinggi, nyaris seperti gelombang air laut namun dengan warna cokelat. Masyarakat setempat menyebutnya Gelombang Bono, yang merupakan pertemuan laut pasang dengan muara sungai. Banyak turis asing yang sudah menjajal adrenalin mereka dengan berselancar di sana, kamu mau coba?

surfing

sumber:exploresumatra.com

Gunung Padang

Awalnya gunung ini hanyalah tempat biasa saja, sampai para arkeolog Indonesia menemukan ribuan batuan yang kemudian diteliti lebih lanjut. Dari penelitian awal, diduga Gunung Padang sebenarnya adalah sebuah piramida dari masa zaman batu. Usia bebatuan di puncak Gunung Padang disebut sudah ribuan tahun, dan sampai sekarang pemerintah masih terus melakukan penggalian dengan seksama untuk memecahkan misteri di situs ini.

gunung padang

sumber:kedaipena.com

Tempat-tempat wisata di atas tidak hanya populer di Indonesia, namun juga sudah terkenal sampai ke mancanegara. Selain indah, tempat wisata populer ini juga sangat unik dan akan membuat kamu tak akan melupakan pengalaman yang sudah didapat. Liburan yuk..

Rate this item
(0 votes)
Go to top