DPRD DKI Jakarta Terima Kunker Empat Daerah

detak.co.id Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mendapatkan kunjungan kera (Kunker) dari Provinsi Sulawesi Tengah, Bali, Kabupaten Kota Bungo dan Palangkaraya pada Selasa (17/4/2017).

Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta, Syarifuddin mengatakan, Kunjungan dari empat daerah ini yang berjumlah puluhan anggota Dewan untuk mendapatkan masukan seputar tugas dan fungsi legislatif yang di antaranya soal penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(APBD) DKI Jakarta. "Untuk penyusunan program dan APBD Jakarta dapat mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD)," jelasnya.

Syarifuddin menambahkan, RPJMD yang telah di tetapkan selanjutnya akan di susun pada rapat Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang berasal dari tingkat yang paling bawah sebuah daerah yaitu Rembuk RW. "Menyusun RKPD harus dari tingkat bawah dari Rembuk RW terus musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan, walikota hingga Provinsi," paparnya.

 

Penyusunan APBD, lanjut Syarifuddin, juga diperoleh dari aspirasi warga yang diserap oleh anggota dewan saat menggelar reses, kemudian disusun oleh panitia khusus dan selanjutnya diparipurnakan oleh dewan.
"Selanjutnya, hasil paripurna oleh pimpinan dewan diserahkan kepada gubernur," pungkasnya seraya mengatakan di luar mekanisme tersebut program pembangunan tidak dapat dimasukkan dalam penyusunan APBD DKI Jakarta.

Rate this item
(0 votes)
Go to top