Rawa Danau, Kawasan Wisata Alami Miliki 131 Spesies Endemik Flora dan Fauna

detak.co.id - Tak banyak yang tahu, jika Provinsi Banten memiliki tempat istimewa. Bahkan, tempat tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Pulau Jawa. Adalah Kampung Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Awalnya wartawan Detak.co.id 'tak sengaja' menemukan kawasan lindung tersebut. Saat melintas di Desa Citasuk, beberapa kendaraan terlihat terparkir dan beberapa orang tengah mengambil foto.

Setelah ngobrol dengan Aminudin petugas parkir, ternyata temoat tersebut adalah Rawa Danau. Rawa dengan luas 3,500 hektar ini merupakan satu-satunya rawa pegunungan yang ada di Pulau Jawa, hampir seluruhnya tertutup air dengan kedalaman bervariasi.

Sehingga untuk menjelajahi kawasan ini perlu menggunakan perahu. Rawa Danau adalah rumah dari 131 spesies endemik flora dan fauna yang beberapa spesies ini masuk dalam kategori dilindungi. Membatasi pengunjung dan membiarkan kawasan sealami mungkin untuk tetap menjaga ekosistem kawasan adalah salah satu tujuan perlindungan kawasan.

"Kalau Sabtu-Minggu ramai. Biasanya orang pulang dari anyer mampir dan foto-foto ke sini. Ini Cuma satu-satunya di Pulau Jawa. Memang belum banyak yang tahu," tandasnya.

Rate this item
(0 votes)

More in this category:

Go to top