Kualitas Raskin Buruk

Kualitas Raskin Buruk

detakserang.com- Lebak, Forum Bulog Sub Drive Regional Lebak merupakan badan usaha milik negara (BUMN). Instansi ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan usaha logistik pangan pokok yang bermutu dan memadai bagi hakat hidup oarang banyak. Oleh sebab itu, Bulog Subdrive Lebak selaku BUMN ditunjuk pemerintah untuk mengurusi segala hal yang berurusan dengan kebutuhan pangan, terutama yang berkaitan dengan beras subsidi untuk keluarga miskin atau raskin.

Firman Alamsyah, koordinator lapangan aksi unjuk rasa dengan puluhan massa di depan gedung Bupati Lebak, Selasa (19/8), menjelaskan, raskin adalah bagian dari program penanggulangan kemiskinan yang berada pada kluster I. Program itu sebagai kegiatan perlindungan sosial berbasis keluarga dalam pemenuhan pangan masyarakat kurang mampu.

Namun, sungguh ironis pada praktiknya program raskin yang diterima rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM). Kondisinya dapat dikatakan sebagai persoalan yang menuntut perhatian publik. "Kualitas, kuantitas atau takaran sangat buruk," ujar Firman.

Berdasarkan pantauan di lapangan, hampir di sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak raskin yang disalurkan bulog subdrive Lebak jauh dari kelayakan konsumsi bagi manusia. Bentuk butiran beras tidak utuh, remuk, hancur, dan menguning. Bahkan cenderung berwarna hitam, berdebu, berkutu, rbau, berbatu, serta banyak kotoran sisi penggilingan. Sehingga ketika dimasak tidak tahan lama atau cepat basi. Dalam keadaan dingin, nasi menjadi keras.

Sementara Kepala Subdrive Bulog Lebak Herman ketika dikonfirmasi melalui telepon selular atau pesan singkat tidak memberikan keterangan apapun.

Read 2340 times

mancing 1