Bupati Lebak Ingin Sejahterakan Petani

Bupati Lebak Ingin Sejahterakan Petani

detakserang.com - Lebak, Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak akan terus memberikan perhatian ke tanaman cengkeh dan karet. Pasalnya, kedua tanaman keras tersebut dinilai masih menjadi favorit bagi masyarakat Lebak.

Demikian disampaikan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya usai menghadiri sosialisasi pengembangan komoditas unggulan tanaman perkebunan karet dan cengkeh Ta 2014 di Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lebak, Kamis (21/8).

"Tanaman ini memiliki banyak manfaat. Kalau sudah ditanam pun tetap menghasilkan dan berkelanjutan. Ini yang jadi salah satu faktor kedua tanaman ini masih jadi tanaman favorit di masyarakat kita," katanya.

Namun, kata Bupati, masih ada sejumlah kendala yang masih perlu dibenahi. Salah satunya diperlukan rehabilitisasi mengingat bibit-bibit yang ada di masyarakat sudah tua dan berdampak kepada hasil yang tidak produktif. Padahal kondisi pasar saat ini sangat menjanjikan untuk kedua komoditi itu.

Terkait dengan keberadaan lahan, Iti mengaku hal tersebut tidak menjadi persolan.

"Alhamdulillah soal lahan memadai. Kita sudah melakukan pendataan, baik lahan milik masyarakat umum maupun perkebunan. Kemungkinan ke depan, lahan-lahan milik pemda akan digunakan perkebunan atau persemayan sebagai percontohan," ungkapnya.

Menurutnya, langkah tersebut sebagai langkah pemda dalam menyejahterakan petani dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Di samping punya nilai manfaat, kita juga ikut lestarikan lingkungan. Salah satunya dalam meminimalisir banjir," tambahnya.

Read 2793 times

mancing 1