Keadaan Dari Dampak Gunung Kelud Meletus, Aktifitas Perekonomian Lumpuh

detak.co.id - SOLO, Meletusnya Gunung Kelud tadi malam banyak sejumlah aktifitas yang berada di wilayah Jawa Timur terkendala. Seperti aktifitas di Bandara dan juga aktifitas sejumlah perekonomian termasuk Kota Solo jadi terhambat, Jum'at (14/2/2014).

keadaan kota Solo diselimuti debu gunung Kelud2Yudha Tri Susanto, seorang pegawai dari Dinas Karantina yang betugas di Bandara Adi Sumarmo yang bertempat tinggal di Kecamatan Colomadu Kab. Karang Anyar mengatakan, akibat kejadian meletusnya Gunung kelud yang meletus pada pukul 23.22 Wib, berimbas langsung dengan wilayah Kota Solo.


" Kota Sola semua wilayahnya keadaan dan cuaca diselimuti oleh debu dari letusan gunung kelud," ujarnya.
Masih kata Yudha, bukan hanya Solo saja yang terkena dampak dari hembusan debu letusan gunung kelud, melainkan sejumlah daerah yang berada sekitarnya pun terkena seperti Blitar, Kediri, Yogya dan Sukoharjo.


Debu yang berhamburan kesetiap daerah sekitarnya mengakibatkan sejumlah aktifitas perekonomian di Solo lumpuh seperti banyaknya kios, ruko dan supermarket banyak yang tutup karena mungkin dikhawatirkan debu – debu yang bertebaran masuk kedalam, bahkan jalanan pun sejak tadi pagi pukul 11.20 wib keadaan masih gelap karena tertutup oleh debu sehingga jarak pandang 5 meter saja sudah tidak terlihat, pungkasnya.
Bahkan parahnya lagi banyak warga yang sudah memakai alat pengaman kesehatan seperti memakai masker, jaket dan Kacamata masih saja terkena debu, hal tersebut bisa mengganggu kesehatan warga yang sedang beraktifitas didaerah sekitarnya.


Lebih lanjut, kata Yudha, informasi yang didapat di Solo terkena debu dari letusan gunung kelud akibat sangat tingginya kekuatan letusan yang mencapai hingga 10 Km dan jarak dari letusan lebih dari 700 Km kearah barat, tandasnya. (ayu)

Rate this item
(0 votes)
Go to top