Kampus Unmul Disusupi Kawanan Preman

detaktangsel.com - SAMARINDA, Aksi kekerasan atau premanisme mencengkram Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, Kalimantan Timur. Kawanan preman bentrok dengan mahasiswa, beberapa waktu lalu.

Sebuah Mobil Terano melaju kencang dan menerobos kerumunan massa aksi mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Rimbawan Melawan (Geram) dan Persatuan Solidaritas Mahasiswa (PSM) saat berdemonstrasi menolak adanya premanisme di kampus. Aktivis mahasiswa ini mengritisi fasilitas kampus yang tidak memadai dan akreditasi yang belum selesai.

Kronologisnya, peristiwa ini terjadi pukul 18.00 WITA seusai pertemuan antara mahasiswa dan Rektor Unmul. Sekitar delapan orang tidak dikenal keluar dari mobil dan membabi buta menyerang massa aksi. Para pelaku yang diduga preman bayaran tersebut pun mengeluarkan senjata api dan menembakan pistol ke udara. Tak hanya pistol, mereka pun membawa parang dan stik golf.

Seketika itu massa aksi berhamburan menyelamatkan diri ke arah laboratorium silvikultur. Sedangkan kawanan preman itu pun mengancam Emanuel Dewa, seorang massa aksi dan mengancam dengan nada kasar sambil menghina etnis tertentu.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun sejumlah atribut aksi serta beberapa kendaraan mahasiswa yang diparkir jadi sasaran kebrutalan oknum preman tersebut.

"Berkas pengaduan sudah kita serahkan ke kepolisian dan Dirjen Pendidikan. Kita tinggal menunggu hasilnya saja" tambah Emanuel, korban yang mendapat ancaman dari oknum preman.(sah)

Rate this item
(0 votes)
Go to top