Razia Kendaraan, Pelanggaran Tidak Memakai Helm Mendominasi

Razia Kendaraan, Pelanggaran Tidak Memakai Helm Mendominasi

detak.co.id BELITANG – Satuan polisi lalu lintas (Satlantas) Polres OKU Timur menggelar razia rutin di ruas jalan Jenderal Sudirman BK X Belitang, Rabu (14/12). Hasilnya puluhan kendaraan terjaring dalam razia tersebut. Pelanggaran yang dilakukan para pengendara yaitu tidak membawa kelengkapan surat kendaraan, dan pengendara banyak yang tidak memakai helm.

"Sengaja kita melakukan razia rutin di Belitang ini, karena kita mendapat masukan bahwa banyak pengendara roda dua yang tidak memakai helm. Terutama ini dilakukan anak anak sekolah. Dan terbukti banyak anak anak sekolah yang kita tilang karena berkendara tidak memakai helm," terang Kasatlantas Polres OKU Timur AKP Maria Herawati saat memimpin langsung razia.

Dikatakan, memakai helm adalah bertujuan untuk keselamatan si pengendara motor itu sendiri. Bukan untuk kepolisian. "Jadi jika membawa helm ditaruk di lengan maka otaknya ada di lengan, jika ditaruk di jok motor maka otaknya ada di jok motor. Demikian juga jika ditaruk di "dengkul" maka otaknya ada di dengkul," terangnya.

Iapun menghimbau pada masyarakat untuk mematuhi aturan berlalu lintas. "Sesuai dengan UU No 22 tahun 2009 memakai helm adalah salah satu aturan berlalu lintas. Maka selain kelengkapan motor dan surat surat kendaraan diharuskan pengendara motor untuk memakai helm, ini untuk keselamatan pengendara itu sendiri. Bukan untuk polisi," terangnya.

Dalam razia rutin tersebut, lanjut Maria sedikitnya ada puluhan kendaraan yang dilakukan penilangan." Mereka yang kita tilang rata rata pengendara yang tidak memakai helem. Selain itu juga ada pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat bermotor," tukasnya. (red/supriyadin)

Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online