Pemkab OKU Timur Miliki Sekolah Peternakan Rakyat

detak.co.id  BELITANG - Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Peternakan dan Perikanan bekerjasama dengan Peternak SPR Tumangkar Belitang dan Institut Pertanian Bogor menggelar Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Tumangkar, di Desa Triyoso Kecamatan Belitang, Senin (19/12). Selain itu dalam acara tersebut juga digelar deklarasi gerakan massal minum susu dan makan telok ( Gema Musi Elok) dan gerakan kemasyarakatan makan ikan (Gemarikan).

 Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten OKU Timur Santio mengatakan tujuan digelarnya Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) adalah sebagai pusat pertumbuhan komoditas peternakan dalam suatu kawasan yang didalamnya terdapat populasi ternak dalam jumlah tertentu yang dimiliki SPR.

 "Selain itu juga untuk menambah ilmu pengetahuan kepada peternak, baik tentang aspek teknis peternakan, sampai kepada manajement serta aspek usahanya," terangnya.

 Dikatakan, selain deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) dalam acara ini juga kita gelar deklarasi gerakan massal minum susu dan makan telok (Gema Musi Elok) dan gerakan kemasyarakatan makan ikan (Gemarikan). " Ini sesuai dengan program yang dicanangkan pemerintah provinsi dan pusat," ujarnya.

 Bupati OKU Timur HM Kholid Mawaradi yang hadir langsung dalam Deklarasi SPR tersebut mengajak masyarakat OKU Timur khususnya yang telah mendeklarasikan SPR, untuk serius dalam mengembangkan peternakan di Kabupaten OKU Timur.

 "Pemerintah akan terus mendorong agar peternakan di Kabupaten OKU Timur dapat berkembang dengan pesat. Karena ini sesuai dan selaras dan bersinergi dengan program beras organik yang digiatkan oleh pemerintah OKU Timur," terangnya.

 Dikatakan, di tahun 90 an OKU Timur juga terkenal dengan produksi ikan. "Bahkan kita sampai kirim ikan seperti dari daerah BK X dan BK XI ke Palembang setiap harinya. Dan kedepan kitapun ingin seperti dulu, Selain ternak juga perikanan dapat berkembang," katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Kepala LPPM IPB Prof. Dr. Agik Suprayogi, unsur muspida, Muspika, Kepala Desa, Kelompok Peternak, serta tamu undangan lainnya. (Supriyadin/red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top