Hadapi Idul Adha, Pasokan BBM dan LPG di Wilayah Jawa Bagian Barat Aman

ilustrasi SPBU ilustrasi SPBU Akurat.co

detak.co.id JAKARTA – Menjelang satu minggu menuju Perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada Jumat (1/9/2017), Pertamina MOR III telah melakukan beberapa persiapan khususnya untuk keamanan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Bagian Barat.

Frekuensi arus mudik Idul Adha kali ini diperkirakan tidak setinggi saat perayaan Hari Raya Idul Fitri yang lalu, sedangkan untuk titik-titik kemacetan selama arus mudik Idul Adha berada di Merak, Cikampek, dan Nagrek.

Saat ini, ketahanan pasokan Premium di wilayah JBB adalah sebanyak 13 hari, Solar 40 hari, Pertamax 17 hari, Pertalite 11 hari dan LPG 4 hari. Selama periode masa mudik konsumsi rata-rata Premium diperkirakan turun 15,4% yaitu sekitar 6.010 KL/hari, Pertamax series naik 32% menjadi 24.644 KL/hari, Gasoil (Solar/Biosolar, dan Dex series) diperkirakan naik 1% atau sekitar 9.032 KL/hari, sedangkan LPG diperkirakan naik 4.5% menjadi 6.770 MT/hari.

Pertamina MOR III telah membentuk satuan tugas yang siap memantau penyaluran setiap harinya dengan sistem komputerisasi SIMSND (Sistem Informasi Manajemen Supply & Distribution), menambah armada Mobil Tanki dan waktu operasional TBBM, menyediakan produk BBK dalam kemasan yaitu Pertamax, Pertamina Dex dalam kemasan, menyediakan tiga unit sepeda motor dan pick up khusus untuk mobilisasi BBK dalam kemasan di titik-titik kemacetan tol Cikampek-Kanci, menyiapkan tiga buah Mobil Tanki ber-dispenser di Rest Area non SPBU.

Pertamina juga meningkatkan pelayanan di lembaga penyalur mulai dari safety, kehandalan dan kebersihan fasilitas, pelayanan maksimal sesuai standar Pasti Pas, serta pelayanan 24 Jam (jika diperlukan) di Lembaga Penyalur pada Jalur Mudik. Koordinasi dengan berbagai pihak dan instansi seperti Hiswana Migas, TNI, POLRI, Dinas Perhubungan, Badan Geologi dan instansi lainnya dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyaluran BBM.

Khusus untuk mengantisipasi macet panjang yang terjadi selama arus mudik Hari Raya Idul Adha, sistem contra flow disiapkan bekerjasama dengan kepolisian untuk kelancaran distribusi mobil tangki di jalur wisata. Pasokan BBM dipastikan selalu tersedia full dengan tambahan sistem buffer (pengiriman BBM pada H-1 dari jadwal seharusnya).

Pertamina MOR III juga menyiapkan Kantong BBM di 7 titik lokasi sepanjang jalur mudik serta 5 Kios Pertamax yang menjual Produk BBK dalam kemasan di area-area Rest Area dan Checkpoint Polri Non SPBU di sepanjang jalur mudik mulai dari KM 86 sampai dengan KM 229.

Sedangkan dari sisi penyaluran elpiji upaya penambahan alokasi untuk Depot Tg. Priok, Depot Tg. Sekong, Depot LPG Balongan, Terminal Eretan, di bulan Agustus 2017. Penambahan 4% DOT Normal (dari 6.900 MT menjadi 7.165 MT), menambah supply untuk SP(P)BE di semua wilayah JBB, serta memastikan depot LPG, SP(P)BE, Agen, dan Pangkalan dapat melaksanakan operasi penyaluran LPG untuk hari raya Idul Adha.

"Seluruh tim Satgas Pertamina MOR III wilayah Jawa Bagian Barat akan terus siaga selama libur Idul Adha ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk pasokan BBM dan LPG. Masyarakat juga kami persilahkan untuk mengunduh aplikasi PertaminaGo di telepon seluler untuk mengetahui lokasi SPBU terdekat dan info-info promo di SPBU. Jika ada keluhan, silahkan hubungi tim kami yang siaga selama 24 jam di Contact Center Pertamina 1-500-000 (diawali dengan kode area setempat). Kami berharap semua dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Adha bersama keluarga," ujar Mohammad Irfan selaku General Manager Marketing Operation Region III PT Pertamina (Persero). (rls/red)

mancing 1