>

BKP Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Hewan Ilegal

Penyelundupan hewan ilegal di Bandara Soekarno Hatta. Penyelundupan hewan ilegal di Bandara Soekarno Hatta. Khanif

detak.co.id TANGERANG-Balai Karantina Pertanian (BKP) Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan penyelundupan hewan dilindungi yang akan dibawa ke Madinah oleh WNA berinisial AA melalui terminal 3 bandara Soekarno – Hatta, Kota Tangerang.

Pelaku melakukan modus penyelundupan menggunakan koper. Di dalam empat koper tersebut terdapat 65 ekor kura-kura, sembilan ekor ular, lima ekor biawak, sepuluh ekor buaya, empat ekor musang, dan delapan ekor lintah.

Penangkapan bermula saat petugas Aviation Security mencurigai koper yang dibawa oleh AA. Saat diperiksa, ternyata ada sejumlah hewan di dalamnya yang terbungkus plastik," kata Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno-Hatta, Eliza Suryati Roesli.

Adapun dari hewan yang hendak diselundupkan itu, terdapat beberapa hewan yang dilindungi, yaitu sembilan ekor kura-kura moncong babi, delapan ekor buaya muara, dan dua ekor buaya sinyulong. "Saat ini kami lakukan pemeriksaan mendalam kepada pelaku untuk mengetahu lebih lanjut untuk apa binatang ini, namun biasanya mereka akan perdagangkan," ungkapnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top