Jelang Bulan Puasa Polres Banjar Pastikan Stok Sembako Aman

detak.co.id Banjar-Menjelang bulan suci Ramadhan yang akan segera tiba. Aparat Kepolisian Resor Kota Banjar, Polda Jabar menggelar operasi penertiban dan inspeksi mendadak ke pasar Banjar dan sejumlah toko grosir yang ada di kota Banjar, menemukan ada sejumlah harga sembako yang naik akibat meningkatnya permintaan.

Tim gabungan dari Kepolisian Polres Kota Banjar, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Koperasi Kota Banjar, Dinas Pertanian dan Perkebunan Perikanan Kota Banjar, dan Dinas Kesehatan Kota Banjar melakukan sidak untuk mengetahui peredaran barang yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi masyarakat, agar segera ditarik dari peredaran, serta mengecek harga sembako dan stok sembako di pasar Banjar. Beberapa toko penjual barang kebutuhan pokok dicek masa berlaku produknya agar tidak di jual belikan, diminta untuk ditarik dari peredaran.

Kapolres Kota Banjar AKBP Matrius mengatakan, sidak ini bertujuan untuk mengetahui stok sembako dan harga sembako, juga bertujuan untuk mengantisipasi penimbunan-penimbunan jelang Bulan ramadhan.

"Stok sembako di pasar Banjar dipastikan aman, hanya ada beberapa harga sembako yang naik, namun tidak signifikan," ucap AKBP Matrius, Rabu (2/5/ 2018).

Kapolres Banjar AKBP Matrius didamping Kepala dinas Perdagangan Saefudin, Ketua DPRD Kota Banjar Dadang Kalyubi, Kepala Dinas Kesehatan Oman, Kepala Dinas Pertanian Aswin. Guna menjaga keamanan pangan dan sembako jelang bulan Ramadhan. Agar masyarakat tidak resah keterbutuhan sembako, terutama beras, minyak, telor, daging, dan gula.

"Ada beberapa harga sembako yang ikut naik menjelang ramadhan, pasalnya ini sudah menjadi langganan setiap tahun harga sembako seperti daging ayam, telor, minyak, beras, namun tidak signifikan. Sedangkan untuk stok pangan dipastikan aman," terang Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjar Saefudin kepada Buana Indonesia Network.

Lanjutnya, Harga Daging Ayam sebelumnya Rp. 30.000/kg menjadi Rp. 35.000/kg, telor ayam sebelumnya Rp. 22.500/kg menjadi Rp. 24.000/kg, beras medium harga turun sebelumnya Rp. 8.400/kg menjadi Rp. 8.000/kg, Gula merah sebelumnya Rp. 13.000/kg menjadi Rp 13.400/kg.

Dari hasil sidak di temukan ada beberapa produk yang telah kadaluarsa dari tempat penjualan grosir makanan/minuman. Produk tersebut harus ditarik dari peredaran dan tidak boleh diperdagangkan.

Rate this item
(0 votes)
Go to top