Sekda Lebak Hadiri Peringatan Bulan PRB Nasional

detak.co.id MEDAN - Sekretaris Daerah Lebak, Dede Jaelani didampingi beberapa pejabat di Lingkungan Pemkab Lebak menghadiri Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tahun 2018, yang dipusatkan di Kota Medan. Beberapa kegiatan pendukung PRB dilaksanakan di 3 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo dan Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 19-26 Oktober 2018.

“Kegiatan ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktivitas PRB sebagai investasi untuk ketangguhan,” ujar Sekda.

Sekda menambahkan bahwa PRB adalah rangkaian upaya yang dilakukan secara sistematis untuk menganalisa risiko-risiko dampak bencana terhadap kehidupan dan penghidupan manusia. Menurutnya, investasi PRB perlu selalu dilakukan secara fokus dan inklusif dalam pembangunan berkelanjutan agar manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Pengurangan resiko bencana tentunya akan menjadi concern dan menjadi bagian integral dari proses pembangunan daerah mulai dari tahapan perencanaan mengingat Kabupaten Lebak merupakan daerah dengan kerawanan bencana kategori tinggi,” kata Sekda.

Selain Kegiatan Jambore Nasional Penanggulangan Bencana, dalam peringatan bulan PRB tahun ini dilaksanakan pula aksi sosial, pameran kebencanaan, dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, Sejak Tahun 2009, Badan PBB UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan PRB Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction).

Hari Peringatan PRB ini menjadi pengingat bersama atas kemajuan, keberhasilan, dan capaian dalam meningkatkan ketangguhan bencana. Di Indonesia, Bulan Peringatan PRB telah menjadi agenda nasional sejak tahun 2013. Penyelenggaraan peringatan bulan PRB nasional sebelumnya secara berturut adalah Kota Mataram, NTB (2013), Kota Bengkulu, Bengkulu (2014), Kota Surakarta, Jawa Tengah (2015), Kota Manado, Sulawesi Utara (2016), dan Sorong, Papua Barat (2017).

Sementara Ketua Pelaksana Harian BPBD Lebak, Kaprawi mengatakan bahwa acara puncak Peringatan Bulan PRB Nasional tahun 2018 direncanakan dibuka secara langsung oleh Presiden RI pada hari ini (24/10).

Rate this item
(0 votes)
Go to top