September Tahapan Pilkada Dimulai

detak.co.id BATURAJA TIMUR – Kurang Lebih 1 tahun Lagi, Sejumlah daerah di Sumatera Selatan bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tepatnya pada 2020 mendatang, termasuk Kabupaten Ogan Komering Ulu. Komisioner KPU OKU Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Yudi Risandi mengungkapkan, sesuai dengan PKPU, tahapan Pilkada OKU akan dimulai September 2019 mendatang. Itu artinya, tersisa tiga bulan lagi. “Sesuai jadwal tahapan Pilkada dimulai pada bulan September. Namun, untuk kepastiannya masih menunggu dari KPU RI,” ucap Yudi.

Diterangkan Yudi, tahapan Pilkada diawali tahapan penyusunan anggaran pelaksanaan. Untuk itu, pihaknya sekarang mempersiapkan segala sesuatunya terkait penyusunan anggaran. “Berapa besaran kebutuhan anggarannya masih belum bisa dipastikan. Untuk soal itu masih dilihat aspek regulasi yang dikeluarkan KPU RI serta standar biaya yang ditetapkan Kemenkeu RI," timpal mantan Dosen Universitas Baturaja ini.

Yudi belum dapat memastikan apakah masa kampanye Pilkada apakah akan sama seperti saat Pemilu dan Pilpres 2019. “Saat ini belum ada perubahan UU yang mengatur hal tersebut,” ujar Yudi.

Hanya saja, lanjut Yudi, untuk saat ini, KPU OKU masih fokus dengan tahapan Pemilu 2019 yang sementara berproses. Khusus di Kabupaten OKU, pasca pileg yang baru digelar belum lama ini. “Kalau untuk pencoblosan kemungkinan pada September 2020,” pungkas Yudi.

Rate this item
(0 votes)
Go to top