Modus Jasa Pasang Listrik, Warga Padalarang Dirugikan

Ilustrasi Ilustrasi

Detak.co id JABAR - Yudi Kamaludin (YK), warga Kp. Ciburial, Margajaya, Kecamatan Padalarang meski bersabar atas keinginannya memasang listrik baru di kediamannya. Pasalnya, pihaknya menjadi korban atas modus jasa pasang listrik.



Sepupuh YK, Ikhwal mengatakan, pelaku yang menjanjikan pasang listrik baru itu berinisial (asp). Dia mengaku sebagai petugas internal PLN di wilayah Jawa Barat.

Berawal Ikhwal ingin membantu sepupuhnya untuk membantu membiayai pasang listrik baru. Lalu, dirinya menghubungi asp untuk membantu proses pemasangan listrik tersebut. Namun, pemasangan itu tak kunjung dilaksanakan.

"Dia bilangnya karyawan di PLN Cimahi, bagian teknisi Biller. Karena biar dapat segera dipakai, saya transfer ke dia (asp) senilai sejuta tiga ratus dari rekening saya ke rekening BRI atas nama Desy Diah Purnamansyah (istri asp). Harga segitu sampai siap pakai," katanya.

Waktu berjalan, asp yang menjanjikan 3 hari listrik siap pakai untuk kediaman sepupuhnya, ternyata hingga berita ini diterbitkan, belum ada pemasangan listrik di kediaman sepupuhnya.

Hingga saat ini, pihaknya pun kerap menghubungi asp, namun belum ada kepastian kapan sepupuh dan keluargnya dapat merasakan layanan penerangan PLN.

"Susah dihubungi, kita kan mau tahu sejauh mana prosesnya. Untuk saat ini dia (asp) cuma kirim salinan SLO dari WhatsApp. Aslinya belum dikasih," ujarnya.

Pihaknya pun sesekali dapat menghubungi asp untuk meminta bukti bayar dan bukti registrasi pemasangan listrik baru, namun asp kerap mengelak dan tak memberikan bukti-bukti tersebut.

"Kita minta bukti bayar dan daftarnya sampai sekarang belum dikasih, cuma salinan SLO," cetusnya.

Tak hanya itu, pihaknya pun sudah menghubungi pihak PLN, namun PLN menyatakan pengajuan pasang listrik baru atas nama Yudi Kamaludin belum terdaftar di sistem resmi PLN.

Akibat kerugian yang dialaminya, pihaknya bakal melaporkan kepada pihak berwajib jika memang asp tidak menyelesaikannya.

"Kalau dia (asp) tidak ada itikad baik. Kami lapor aja. Capek di PHP-in (pemberian harapan palsu) terus. Alamat dia, kami juga tahu," tukasnya.

Sementara, saat dihubungi berkali-kali melalui telepon seluler dengan nomor tujuan 08968961**** dan 08122394****, asp tidak menjawab.

Perlu diketahui, pemasangan listrik baru menggunakan nama Yudi Kamaludin yang tak lain sepupuh Ikhwal.

Pihaknya sudah mengajukan permohonan dan bayar pasang listrik baru melalui asp sejak tanggal 20 Mei 2019.

Rate this item
(0 votes)
Go to top