Rinducapil Rangkul Dukcapil se-Provinsi Sumsel

detak.co.id PALEMBANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sumatra Selatan menghadirkan Ruang Inovasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rinducapil). Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mengatakan bahwa inovasi tersebut dinilai dapat dijadikan pemicu bagi pengembangan inovasi se-Provinsi Sumatra Selatan.

“Inovasi Rinducapil dapat menjadi trigger dalam pengembangan inovasi karena bisa merangkul dukcapil se-Provinsi Sumsel,” ujar Diah Natalisa saat memberikan sambutan dalam acara Launching dan Gelar Inovasi Pelayanan Publik Rinducapil Dinas Dukcapil Provinsi Sumatra Selatan, di Palembang, Senin (09/09).

Kehadiran inovasi ini menjadi jawaban atas gerakan One Agency One Innovation yang diprakarsai oleh Kementerian PANRB sejak tahun 2014. Gerakan ini mewajibkan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk melahirkan satu inovasi setiap tahun.

Dalam pengembangan inovasi, dibutuhkan komitmen bersama untuk menyebarluaskan inovasi tersebut kepada masyarakat, salah satunya melalui Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP). Provinsi Sumsel menjadi salah satu pemda yang membangun JIPP untuk pengembangan inovasi pelayanan publik.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pemberian penghargaan kepada pemenang di sektor/subhub kependudukan dan pencatatan sipil atas kompetisi yang diselenggarakan JIPP Sumsel.

Diah menambahkan, pelayanan publik yang berkualitas tidak dapat diwujudkan oleh pemerintah sendiri melainkan dibutuhkan keterbukaan pemerintah untuk mendengar suara publik dan bekerja sama dengan berbagai pihak. “Saya mengajak seluruh ASN dan stakeholders lainnya agar bahu-membahu demi membangun pelayanan publik yang lebih baik, menuju pelayanan prima dan berkelas dunia,” ujar Diah.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Pendaftaran Penduduk Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri David Yama, Wakil Gubernur Sumatra Selatan Mawardi Yahya, dan Plt. Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Selatan Herfiansyah Djarab.

Rate this item
(0 votes)
Go to top