Gelar Rapat Kerja Nasional, IKAPTK Siap Jadi Organisasi yang Modern, Maju dan Bermanfaat

Gelar Rapat Kerja Nasional, IKAPTK Siap Jadi Organisasi yang Modern, Maju dan Bermanfaat

detak.co.id Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional DPN IKAPTK Periode 2020-2025. Drs. Akmal Malik, M.Si selaku Ketua DPN IKAPTK didampingi Kuswanto, Sekjen DPN IKAPTK beserta jajaran dan Ketua Komisioner hadir langsung di Bogor, Provinsi Jawa Barat tempat Rakernas ini berlangsung.

Hadir juga pada kegiatan ini seluruh pengurus DPN IKAPTK, dan pengurus DPP IKAPTK baik secara tatap muka maupun daring.

Dengan tetap memperhatikan Protokol Pencegahan Covid-19, acara Rakernas dengan tema "Konsolidasi Menuju IKAPTK yang Maju, Modern dan Bermartabat" ini dirangkaikan dengan:

- Launching Program Saka Abdi Praja

SAKA ABDI PRAJA adalah Satuan Kerja dibawah Pramuka yang bertugas mengajarkan dan mendiseminasikan isu isu dan substansi kepamongprajaan terkait dengan tugas dan fungsi Kemendagri. Sebagaimana kita ketahui, saat ini POLRI memiliki Saka Bhayangkara, Kementerian Kehutanan mempunyai Saka Wanabhakti, Kementerian Kesehatan memiliki Saka Bakti Husada. Pada kenyataannya belum ada satuan kerja di bawah Pramuka yang mengajarkan substansi ilmu kedepdagrian dan kepamongprajaan. Berangkat dari ide itu, maka IKAPTK berinisiasi membentuk Satuan Kerja Baru yaitu SAKA ABDI PRAJA yang akan kita resmikan hari ini.

- Launching Program Global Manglayang

program bimbingan studi ke luar negeri untuk adik adik purna praja diseluruh Indonesia oleh Tim yang dikomandoi Komisioner VIII dan Sekjen ditandai dengan peluncuran Buku Jejak Laskar Manglayang di Empat Benua. Saya berharap buku ini nanti bisa memberikan motivasi dan informasi untuk para purna praja yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

- Penyerahan Paket Sembako Bantuan Presiden

Paket sembako ini berjumlah 1100 buah untuk masyarakat terdampak Covid-19 ini diserahkan secara simbolis kepada perwakilan DPP Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Tangerang Selatan dan Kota Depok.

Esensi dari Rakernas ini untuk (mendengar paparan seluruh komisioner dan) menentukan program kerja jangka pendek, menengah, dan panjang. Salah satu program prioritas yang hendaknya terwujud adalah Pembangunan Sekolah Menengah Atas (SMA) Pamong Praja dan Laboratorium Pemerintahan di Lahan IPDN Jatinangor. Diharapkan IKAPTK menjadi organisasi yang Maju, Modern dan Bermartabat. 

 

Dalam sambutannya, Drs. Akmal Malik, M.Si Selaku Ketua Umum DPN IKAPTK mengatakan "akan berkomitmen untuk menjadikan IKAPTK sebagai organisasi yang besar dengan memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki purna praja yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, termasuk mempertegas eksistensi purna praja di semua Kementerian/Lembaga.

Saya mengusung Visi yaitu IKAPTK yang Maju Modern dan Bermanfaat untuk 5 tahun ke depan.

Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online