Rusak Estetika Kota, Aktivis Lingkungan Hidup Bersihkan Banner dan Baligho

Rusak Estetika Kota, Aktivis Lingkungan Hidup Bersihkan Banner dan Baligho

detak.co.id KOTA BANJAR-Mengusung tema sayangi pohon, jangan rusak lingkungan, Organisasi lingkungan hidup WALHI Jawa barat yang dimotori Forum Akar, Paguyuban Bale Rahayat, Taruna Darma dan Sarekat Hijau Indonesia DPD Kota Banjar bersih-bersih banner dan baligho yang pemasanganya menempel di pohon dan taman.

Media luar ruang tersebut keberadaanya dianggap mengganggu lingkungan serta estetika kota. Adapun banner dan baligo yang dicopot dari pohon kemudian diangkut mobil Satpol-PP kota Banjar. untuk sementara di simpan di sekretariat Forum Akar, besok hari Senin di serahkan ke kantor Satpol-PP kota Banjar.

Koordinator kegiatan Dede Supriadi mengatakan, dari sejumlah jalan utama pihaknya mengamankan paku satu kilogram, ratusan banner dan baligho yang didominasi iklan jargon politik dan selebihnya iklan perusahaan. "Untuk itu kami prihatin karena mereka yang memasang banner dan baligho tidak memperhatikan estetika terhadap lingkungan," ujarnya.

Atas kondisi tersebut, Walhi Jawa Barat menyampaikan petisi berisikan: Sayangi pohon, Jangan rusak lingkungan dengan alasan apapun. Dengan didapat banyaknya baligho calon wali kota, gubernur dan bupati itu merupakan contoh buruk, itu merupakan perusakan lingkungan, itu merupakan pelanggaran UU maupun perda, Kewajiban calon kepala daerah itu melakukan pendidikan politik rakyat serta UU lingkungan hidup, UU pemilu, perda, perbup, Perwal ternyata hanya bagian dari kebijakan politik pemerintah, aturan lingkungan hidup tersebut tidak di fahami dan tidak dilaksanakan.

Sementara Anggota Dewan Daerah WALHI Jabar Asep nurdin mengatakan, pihaknya mengajak untuk menyayangi pohon dan tidak merusak lingkungan hidup. "Kami kecewa dengan fakta bawa banyak balon yang masih melakukan perusakan lingkungan dengan memaku baligho di pohon dan banyaknya perusahaan yang masih memaku banner iklan di pohon. Dan kami lebih kecewa karena masih banyak baligho balon kepala daerah yang di paku di pohon," tandasnya.

Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online