Pembajakan tak Menghancurkan Industri Hiburan

bajakanSeiring dengan perkembangan dunia internet, kemunculan situs file sharing pun kian banyak. Namun dalam sebuah hasil penelitan yang dilakukan oleh London School of Economics and Political Science (LSE), tingginya pembajakan akibat situs-situs tersebut tidak berdampak negatif terhadap industri hiburan. Alih-alih pembajakan malah memberikan dampak positif.

Salah satu contoh kasus adalah buku berjudul American Gods yang ditulis oleh Neil Gaiman. Dia pun sempat menyebarkan buku tersebut secara cuma-cuma. Setelah itu, tingkat penjualan bukunya meningkat drastis 300 persen beberapa bulan setelahnya. Beberapa kasus lain pun ternyata memberikan hasil yang serupa.

LSE mengungkapkan bahwa industri hiburan saat ini masih tetap dalam kondisi yang sehat, meskipun tingkat pembajakan sangat tinggi. Bahkan industri game saat ini memperoleh tingkat keuntungan terbesar sepanjang sejarah. Begitu pula dengan industri film di Amerika Serikat. Pada tahun 2012, Hollywood mendapatkan pendapatan sebesar 35 miliar USD, meningkat 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Bart Cammaerts, salah satu anggota peneliti mengatakan bahwa pendapatan di industri musik tidak mengalami penurunan dan memperlihatkan kondisi yang sehat. Pendapatan tersebut di antaranya dari penjualan digital, layanan langganan, streaming, live performance adalah pendapatan yang bisa didapatkan sebagai pengganti dari turunnya penjualan CD dan kaset.(*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top