Pelantikan DPRD Pandeglang Diwarnai Aksi Demo

Pelantikan DPRD Pandeglang Diwarnai Aksi Demo

Detakserang.com - PANDEGLANG, Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pandeglang, priode 2014-2019 diwarnai aksi demo yang dilakukan oleh puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Pandeglang, Senin (11/8).

Dalam aksi tersebut mereka menuntut kepada anggota DPRD baru harus mampu bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai lembaga controlling Budzeting dan Legislasi. Mengedepankan kepentingan rakyat diatas kepentingan peribadi, bukan hanya menjadi wakil partai atau hanya mengedepankan kepentingan golongan. Harus mampu melahirkan peraturan-peraturan daerah yang pro Rakyat. Harus menjadi lembaga pengawasan dalam setiap pelaksanaan yang dilakukan oleh Eksekutif, dan harus mampu mengatur Rancangan Anggaran Belanja Daerah (RAPBD).

Ucu Fahmi, kordinator aksi mengatakan, DPRD meruakan lembaga legislative sebagai lembaga perimbangn terhadap kekuasaan eksekutif, maka dari itu kepada anggota dewan yang baru harus mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

"Sumpah dan janji jabatan yang mereka ucapkan untuk lima tahun kedepan harus benar-benar dilakukan dengan benar, karena banyak harapan Masyarakat Pandeglang kepada seluruh wakil Rakyat yang terpilih untuk bias bekerja sesuai tufoksinya, maka dari itu mereka harus bekerja untuk kepentingan rakyat bukan untuk peribadi dan golongannya,"ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kordinator aksi lainnya Restu Sugrining Umam, bercermin dari anggota dewan yang lama yang kami anggap gagal dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya, sebab masih lemahnya pengawasan terhadap SKPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pandeglang.

Banyak peraturan Daerah yang dibuat tidak memprioritaskan Rakyat, untuk itu kami mendesak kepada anggota DPRD baru utnuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, mengedepankan kepentinga rakyat diatas kepentingan golongan dan peribadi.

"Sampai saat ini masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus segera dituntaskan oleh jajaran legislative baru, diantaranya tiga pilar pembangunan yaitu, Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan, karena tiga hal tersebut merupakan masalah penting yang harus menjadi prioritas anggota dewan baru, dan kami meminta DPRD baru harus secepatnya berkordinasi dengan eksekutif agar berjalan selaras untuk membangun Pandeglang lebih baik,"paparnya.

Read 1991 times

mancing 1