Hadapi Lebaran, Dishub Minta PO Cek Kondisi Fisik Bis

detakserang.com - CILEGON, Menghadapi Momentum Lebaran 2014 mendatang, Dinas Pehubungan Kota Cilegon tengah menyiapkan diri untuk melakukan berbagai persiapan dalam rangka penyediaan angkutan Lebaran bagi pemudik yang menggunakan transportasi angkutan umum khususnya bis antar provinsi. Untuk menekan angka kecelakan lalu lintas saat arus mudik nanti, Terminal Terpadu Merak (TTM) telah memberikan himbauan kepada setiap para pemilik perusahaan angkutan bis dan para sopir bus yang terlibat agar memeriksa kesiapan dan kondisi fisik bus sebelum dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Perhubungan sendiri.

"Untuk persiapan angkutan lebaran, saya sudah himbau kepada para sopir untuk memeriksa fisik kendaraanya sebelum menghadapi arus mudik lebaran, ini kami lakukan untuk mengurangi angka kecelakan," Ungkap Robby Hidayat, Kepala UPTD Terminal Terpadu Merak saat di hubungi melalui telepon, Jumat (30/5).

Robby menambahkan bahwa himbuan yang dilakukan pihak terminal, langsung di instruksikan kepada para sopir bus agar melengkapi segala kekurangan atau memperbaiki segala kondisi fisik bus.

"Saya langsung turun dan berbicara kepada sopir agar melengkapi semua lampu-lampu, kondisi rem, stir, ban gundul, dan mesin yang ngebul," Terang Robby.

Selain itu, lanjutnya, pihak terminal juga telah melayangkan surat secara langsung kepada masing-masing perusahaan Po Bus, agar membenahi kondisi busnya sebelum angkutan arus mudik lebaran tiba.

"Kita juga mengirimkan surat tertulis kepada masing-masing perusahaan, dan nanti waktu dekat arus mudik kita juga akan melakukan pengujian terhadap bus, bagi yang tidak layak jalan kita tidak berikan jadwal keberangkatan di terminal Merak," lanjutnya.

Selain itu, untuk menghadapi kondisi di Terminal Terpadu Merak saat lebaran mendatang, beberapa persiapan lain telah dilakukan Dishub Kota Cilegon. Robby mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan jalur kedatangan bus dan keberangkatan bus.

"Selain itu kita juga sudah melakukan beberapa perbaikan lampu yang selama ini kurang di terminal yang sedikit minim penerangan, dan kita terus melakukan perbaikan dan persiapan yang diperlukan jelang arus mudik tiba," Tandasnya

Rate this item
(0 votes)
Go to top