Arief : Sodetan Cilwung-Cisadane Timbulkan Ancaman Banjir di Tangerang

detaktangsel.com - TANGERANG, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah tampil beda dibandingkan pemimpin daerah lainnya menyikapi rencana sodetan Sungai Ciliwung, Bogor ke  Sungai Casadane, Tangerang.  Ia tidak sertamerta menerima program pemerintah pusat tersebut.    

Arief menghatirkan sodetan sungai itu  berdampak banjir di permukiman warga. Terutama    empat kecamatan di Kota Tangerang yang dialiri Sungai Cisadane   terancam banjir bila proses sodetan terjadi, Keempat   kecamatan itu adalah Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, dan Periuk.
"Sodetan Ciliwung-Cisadane     menimbulkan banjir di Kota Tangerang   semakin   parah," kata   Arief  di Tangerang, Senin (20/1).
Ia menambahkan, bisa jadi tak hanya sejumlah kecamatan di Kota Tangerang yang terkena imbas banjir. Bahkan,  wilayah di Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan bakal dilanda banjir.
Kondisi   di pintu air 10 saat ini, menurutnya, sudah mencapai ketinggian empat meter lantaran  aliran dari Batu Belah sangat tinggi. Apalagi bila nanti  air dari Ciliwung dialihkan ke Cisadane. Tentu, hal itu  akan semakin menambah debit air dan ancaman banjir.
Arief menilai, rencana sodetan sungai itu sangat tidak layak. Makanya, perlu dicari solusi lain  untuk mengantisipasi banjir di Jabodetabek.
Ia khawatir sodetan sungai ini   memindahkan banjir dari Jakarta ke Tangerang. Untuk itu, semua pihak terkait perlu alternatif yang lain  dengan kajian bersama-sama. (red)

 

Rate this item
(0 votes)
Go to top