Debit Air Kali Cisadane Meninggi

3 rumah longsor akibat curah hujan yang tinggi di Karawci 3 rumah longsor akibat curah hujan yang tinggi di Karawci

detaktangerang.com - KARAWACI, Debit air Kali Cisadane meninggi. Air ini dari hulu sungai di Bogor. Bahkan, intensitas curah hujan yang lebat, beberapa hari, menyebabkan beberapa titik bibir Kali Cisadane mengalami longsor.

Sedikitnya tiga rumah di Jalan Imam Bonjol Gg Bidong RT 02/RW 05, Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, longsor. Rumah ini berada tepat di sisi bantaran Kali Cisadane. Sebagian rumah pun terkikis. Bencana longsor terjadi, Senin (24/2) pukul 11.00.

"Ketika sedang membersihkan rumah dari sisa-sisa air banjir, saya dengar dari belakang kamar bunyi krek-krek. Tanpa hitungan menit, kamar dan dapur saya lansung amblas," kata Eli, warga yang rumahnya terkena longsor.
Sekitar 3 meter rumah Eli terkikis. Kikisan arus saat debit kali tinggi membuat kontur tanah menjadi labil. Sehingga rawan terjadinya longsor.

"Saya juga sudah mengimbau warga agar meninggalkan rumah dan mencari tempat yang lebih aman dari ancaman longsor," tuturnya.
Sebetulnya tiga rumah tangga yang terkena longsor. Namun satu dari mereka sudah mengosongkan rumah. Hanya 2 kepala keluarga yang masih membandel.
"Saya hanya RT dan tidak mempunyai wewenang apa-apa kecuali hanya mengimbau warga menyelamatkan diri, " kata Edy, RT setempat.

Sementara Wakil Walikota H Sachrudin menegaskan, pihaknya sudah meminta Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Satpol (PP) untuk segera melakukan penertiban di bantaran kali tersebut. Selain melanggar garis sepadan sungai (GSS), juga dapat membahayakan keselamatan jiwa. (Ades)

Rate this item
(0 votes)
Go to top