Panwaslu, KPU, Dan Aparat Keamanan Jalin Kerja Sama

Panwaslu, KPU, Dan Aparat Keamanan Jalin Kerja Sama

detaktangerang.com-TANGERANG, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal kampanye partai politik peserta Pemilu 2014 tingkat Kota Tangerang, Sabtu (15/3). Bertepatan dengan pembukaan kampanye melalui karnaval atau pawai, juga digelar Deklarasi Kampanye Damai.


Kegiatan ini diikuti semua partai politik. Adapun mulai 16 Maret -15 April 2014 merupakan kampanye terbuka. Putaran pertama digelar Partai Golkar dari Dapil 5 khusus DPRD tingkat kota dan Partai Demokrat dari Dapil 1.

Kampanye ini merupakan gabungan kampanye dari calon anggota DPRD Kota, DPD Provinsi dan DPR RI. Sedangkan untuk putaran terakhir akan diikuti Partai Nasdem Dapil 1 , PKS (dapil 5), dan PDI Perjuangan (dapil 3).


Untuk lokasi kampanye, kata dia, dipisahkan menjadi tiga lokasi. Di mana untuk lokasi tingkat pusat sudah ditetapkan di Lapangan Ahmad Yani (dapil 1). Lokasi kampanye tingkat provinsi di Lapangan Sepakbola Idola, Angkasa Pura II, H Haidir, dan Rawa Kambing (dapil 2, 3, 4,5).


Lokasi kampanye tingkat kota di Lapangan Shinta, Rawacana, AMD, Kokun, Mini Garuda, Bunga Mekar, Peruri, dan Sudimara. Lapangan tersebut digunakan untuk dapil 1, 2, 3, 4, dan 5.


"Kami mengedepankan asas keadilan, proporsionalitas, dan keamanan dalam penetapan lokasi maupun jadwal kampanye. Makanya, setiap parpol akan mendapat jatah empat kali


Ia mengharapkan setiap caleg berkampanye sesuai jadwal dan mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan.


Sementara menurut anggota Panwaslu Bidang Pengawasan Agus Muslim, pihaknya siap mengawasi kampanye. Bahkan jauh- jauh hari sudah memperkuat SDM. Juga mempersiapkan strategi pengawasan di titik titik rawan seperti halnya dapil 5. Di mana masyarakat cenderung mudah terprovokasi.


"Kita akan tetap mengawasi karena dikhawatirkan akan ada gesekan antarparpol karena saat berkampanye.


Ia mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan aparat keamanan dari Polres, trantib, dan Kesbang.


Ia mengharapkan bekerja sama dengan KPU dan aparat keamanan untuk bersinergi. Tujuannya untuk mewujudkan Pemilu 2014 yang jujur, adil, aman, dan kondusif. (Ades)

Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online