Keberadaan PT Mayora Kurangi Pengangguran

detakserang.com - PANDEGLANG, Keberadaan perusahaan PT Mayora akan didirikan di wilayah Kecamatan Cadasari. Keberadaan perusahaan ini dapat mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Pandeglang. Sebab bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan tenaga kerja yang akan direkrut mayoritas dari masyarakat setempat.

Pendapat tersebut disampaikan Kepala Bapeda Kabupaten Pandeglang Aah Maulana dalam acara audiensi dengan warga Cadasari bersama beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (Skpd) di Aula Gedung Garuda Kabupaten Pandeglang, Selasa (12/8).

Aah mengatakan, sebelumnya diadakan kajian oleh beberapa Dinas terkait di daerah tersebut. Ternyata daerah tersebut termasuk lahan industri menengah. Sehingga tidak ada persoalan jika berdiri pabrik di wilayah tersebut.

"Setelah dilakukan kajian-kajian ternyata banyak manfaatnya. Di antaranya membuka lapangan kerja yang cukup besar. Dengan demikian, masalah krusial di Pandeglang saat ini yakni banyak tingkat pengangguran. Jadi keberadaan pabrik tersebut sebagai solusi untuk memecahkan persoalan pengangguran saat ini," ungkapnya.

Kepala Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Pandeglang Ade menambahkan, memang ada dua dampak dengan adanya pebrik tersebut, dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu peningkatan ekonomi masyarakat. Di mana dapat mengurangi tingak pengangguran. Adapun dampak negatif yaitu saat dilakukan proses pendirian. Namun, hal itu akan diantisipasi pihak perusahaan.

Ia juga menjelaskan, pihak pabrik pun akan membuat sumur resapan untuk mengurangi kekeringan. Misalnya, ada satu kawasan yang akan ditanami pepohonan sebagai kawasan yang akan menjadi resapan air. Maka tidak ada alasan untuk menolak keberadaan perusahaan itu.

Hal yang sama juga dikatakan Sukron, Kepala Dinas Tataruang Kabupaten Pandeglang. Ia menilai, semakin banyak tingkat pengangguran di Kabupaten Pandeglang. Adanya perusahaan tersebut menjadi solusi untuk mengurangi tingkat pengagguran.

Selain itu, menurutnya, wilayah Cadasri yaitu merupakan daerah kawasan industri menengah. Sehingga daerah tersebut layak dijadikan daerah industri kecil dan menengah.

"Investor juga menilai kenapa mengembangkan perusahaan di Pandeglang. Karena untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Pandeglang. Selain itu juga rekrutmen tenaga kerja, mayoritas akan diambil dari Kabupaten Pandeglang. Hal itu akan diprioritaskan pihak perusahaan,"jelasnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top