Inilah Harapan Pengusaha Kayu Pandeglang Pada Bupati Terpilih

Inilah Harapan Pengusaha Kayu Pandeglang Pada Bupati Terpilih

detakbanten.com PANDEGLANG - Guna mendorong bergeraknya Sektor kehutanan yang berbasis ekonomi rakyat, diperlukan dukungan yang maksimal dari Pemerintah Daerah (Pemda). Terutama dukungan berupa pengakuan dan perlindungan terhadap para Pengusaha Kayu lokal agar tercipta suasana tertib dan sehat dalam Usaha Kayu dari Hutan hak atau lahan masyarakat.

Menurut Dani, salahseorang Pengusaha Kayu, saat ini di Kabupaten Pandeglang ada sekitar 287 orang yang tergabung dalam Himpunan Para Pengusaha Kayu (HPPK).

"Berdasarkan data terakhir sekitar 287 Orang yang tergabung di HPPK," katanya kepada DetakBanten.com, Minggu (30/8).

Menurutnya, Kabupaten Pandeglang memiliki potensi yang besar dibidang kehutanan, dia menyayangkan sikap Pemda Pandeglang yang dinilainya belum maksimal menggarap sektor ini.

"Sebagian wilayah Pandeglang ini kan hutan, bahkan hutannya paling luas diwilayah Provinsi Banten. Sayang kalau tidak dikelola dengan sungguh- sungguh," ujarnya.

Dia bercerita bahwa Pada tahun 2007, HPPK pernah mengusulkan kepada Pemda agar hanya kayu olahan yang bisa dibawa keluar Kabupaten Pandeglang. Dia beralasan, jika kayu tersebut diolah di Pandeglang maka otomatis akan membuka lapangan kerja baru, selain itu penebangan kayu juga bisa lebih terkontrol dan terkendali.

"Waktu itu kami mengusulkan supaya kayu golondongan jangan langsung bisa dibawa keluar tapi diolah dulu disini," katanya.

"Sampai hari ini pun sesungguhnya kami masih mengharapkan adanya aturan seperti itu. Pada awal tahun kemaren kami (HPPK) melakukan rapat membahas hal itu," tambahnya.

Terkait hal tersebut dia berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang yang terpilih nanti untuk bisa mengakomodir keinginan Para Pengusaha Kayu. Dia berkeyakinan apabila hal itu bisa direalisasikan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda), maka masyarakat yang memiliki lahan dan modal akan lebih tertarik untuk berinvestasi disektor kehutanan.

"Kita berharap kepada Bupati yang akan datang mau menerima usulan kita, siapapun yang jadi tolonglah ini dibentuk Perdanya supaya Usaha Perkayuan bisa menjadi Primadona di Kabupaten Pandeglang tercinta," harapnya.

Read 2093 times
Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online