Print this page

Kampanye Lingkungan Rendah, Warga Buang Sampah Sembarangan

detakbanten.com PANDEGLANG - Kesadaran warga masyarakat dalam menjaga lingkungan masih jauh dari harapan. Diperlukan dorongan yang kuat dan ketegasan dari Pemerintah daerah (Pemda) agar mereka betul- betul menyadari arti dan pentingnya kesehatan bagi manusia.

Seperti pada gambar diatas, poto yang diambil pada Rabu (17/2/2016), di Jl. Raya Serang, KM. 4 Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Peringatan dilarang membuang sampah disekitar sungai ini nampaknya tidak dianggap.

Selain di titik tersebut, tidak jauh dari situ, tepatnya dibawah sekitar gerbang Selamat datang di Kota Pandeglang, juga terlihat sampah berserakan. Belum diketahui pasti siapa orang yang membuang sampah dilokasi tersebut.

Asep, salahseorang warga setempat mengaku tidak mengetahui siapa orang yang telah membuang sampah secara sembarangan dan tidak bertanggung jawab.

"Saya tidak tahu, dan yang pasti saya sebagai warga disini tidak pernah membuang sampah disitu," katanya.

Terkait hal diatas, pemerhati sosial dan lingkungan dari Masyarakat Dialog Pandeglang Kota, M Sofi ketika diminta tanggapannya mengatakan, Pemda harus mengambil tindakan. Menurutnya, perilaku membuang sampah sembarangan harus ditindak.

"Ada aturannya itu, apalagi sudah jelas disitu ada peringatan dilarang membuang sampah. Pemda harus berani tegas," tandasnya.

Sofi menambahkan, persoalan sampah berhubungan erat dengan lingkungan dan kesehatan. Dia menilai selama ini kampanye lingkungan sehat dan bersih belum maksimal dilaksanakan.

"Kampanye lingkungan sehat nampaknya tidak berhasil, ini hanya salahsatu contoh. Banyak ditempat lain juga masyarakat masih membuang sampah di sungai," tutupnya.

Rate this item
(1 Vote)

Related items