Tim Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial Tiba Di Banten

detakbanten.com Pandeglang - Setelah dilepas oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansyah bersama Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) Sabtu,(13/12) di silang monas jakarta. Tim Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) tiba di banten.

Menteri Sosial Khofifah yang diwakili staf ahli mensos Hari Hikmat bersama tim LBKS tiba di Lapangan Citereup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Minggu (14/12).disambut Plt Gubernur Banten Rano Karno dan Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, serta beberapa istri-istri menteri kabinet kerja.

Di pandeglang kemensos, plt gubernur, plt sekda dan instansi terkait memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu, ada berbagai bantuan yang akan diberikan mulai dari kursi roda, kacamata baca, khitanan massal hingga sembako. kegiatan ini dilakukan dalam peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)tahun 2014.

Selain memberikan bantuan dari kemensos, plt juga memberikan bantuan dari program2 pemprov. Banten, seperti Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu), askesos untuk RTS, bantuan rumah tidak layak huni, perlengkapan sekolah, kursi roda, jaminan sosial lanjut usia, kebutuhan dasar anak panti, dan lain sebagainya.

Puncak acara HKSN akan digelar di Provinsi Jambi dan akan dihadiri oleh presiden Jokowi.

Dalam rangka peringatan HKSN Kemensos memberikan bantuan sosial untuk 5 Provinsi yaitu Banten, Lampung, Sumsel, DKI Jakarta, dan Jambi. 5 aksi, 5 hari, 5 provinsi 5 lokasi (pembagian sembako, pengobatan gratis,

Staf Ahli Mensos Hari Hikmat mengatakan, upaya untuk membngun kesadaran semua, bahwa kesenjangan sosial dri masa-kemasa selalu meningkat, nilai2 kesetiakawanan sosial, solidaritas harus terus ditingktakn.

"Kita akan tur ke 5 provinsi hingga jambi untuk memberikan bantuan sosial dengan 16 kendaraan, bahkan kita nanti juga memperbaiki rumah tidak layak huni. Ini bersatu untuk bersama, dan membantu kaum marjinal, sehingga permasalahan sosial yang kompleks dapat ditangani bersama-sama secara gotong royong," imbunya

Sejumlah kelompok binaan Kemensos turut memeriahkan acara ini dengan membuka stand-stand bazar. Dalam acara ini juga digelar dan kegitanan lainnya.

Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mengakui, bahwa wilayahnya masih dihadapan dengan masalah kesenjangan sosial, maka dari itu ia mengucapkan terima kasih kepada kemensos dan pemprov banten atas bantuaanya, diharapkan bantuan ini terud berikan secara rutin,dan penanggulkangn pmks harus dilakukan secra terus meneurs, dan tidk dpt ditangani oleh sendiri tetapi hrus bersama sama lintas sektor. Bupati juga Berkomimten terus meningktkan anggaran penanggulangan PMKS setiap tahunya.

Plt Gubernur Banten Rano Karno mengatakan,"kemiskinan adalah akar dari timbulnya mslha PMKS, maka dari itu pemprov banten melalui dinas terkait terus konsen menanggulangi masalah ini dengan berbagai program,

"Dalam penanganan PMKS, telah bayk program yg dilaksanana anatarta pust dan daerah yaitu jamsosratu, memberikan bantuan 30rb ditmbah 49 ribu RTS, mengcover program PKH, anggaran dinsos bertmbh 75 milyar dri 60 M, jaminan sosial lanjut usia, jamsos org dengan kecatatan, rehabitlsi sosial rumh tdk lyk huni,

Dalam kesempatan ini Kemenosos dan Plt menyempatkan meninjau perbaikan rumah tidak layak huni, fasilitas MCK dari bantuan CSR perusahaan, meninjau baksos.

Rate this item
(0 votes)
Go to top