Cegah Penyakit Menular, 36 Ekor Sapi di Pancoran Divaksinasi

Vaksinasi hewan. Vaksinasi hewan. Harkes

JAKARTA -  Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Selatan memvaksinasi 36 ekor sapi potong dan perah milik warga Jalan Swadaya No.24, RT05/RW05, Duren Tiga, Pancoran. Sebanyak 36 ekor sapi tersebut diberikan vaksinasi septicaemia epizootica (SE).

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Yuli Absari mengatakan, vaksinasi ini penting dilakukan agar penyakit SE pada sapi tidak menular ke sapi lainnya. "SE ini penyakit ngorok pada sapi. Sifatnya fatal, bisa mengakibatkan kematian pada hewan. Karena itu vaksinasi menjadi sangat penting dilakukan," katanya pada Jumat (7/4/2017).

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini, pihaknya mengerahkan tiga orang petugas untuk memvaksinasi 36 ekor sapi. Sapi yang divaksinasi harus berusia di atas empat bulan dan sehat. "Vaksin akan diberikan kembali setelah satu tahun kemudian," ujarnya.

Sementara itu, Arif, pemilik sapi mengaku sangat terbantu dengan kegiatan vaksinasi gratis ini. "Setelah divaksin, sapi akan jadi lebih kuat terhadap penyakit SE," tandasnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top