Bawa Kabur Uang Milliaran, Pengurus Koperasi Dilaporkan Ke Polisi

Bawa Kabur Uang Milliaran, Pengurus Koperasi Dilaporkan Ke Polisi

detakbanten.com SERANG - Puluhan warga Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang yang menjadi korban penipuan, melaporkan pengurus Koperasi Bina Mandiri yang diduga telah melakukan penipuan berkedok Koperasi Simpan Pinjam ke Mapolres Serang, Kamis (09/07/15).

Diduga, Koperasi tersebut telah membawa kabur uang milik para korban hingga ratusan juta rupiah. Informasi yang didapat, koperasi tersebut sebelumnya berjanji akan memberikan bunga sebanyak dua persen kepada masing-masing anggota, namun hingga saat ini hal tersebut tidak terlaksana bahkan deposito milik para anggota yang mencapai ratusan juta raib dibawa pengurus koperasi.

Diketahui, Koperasi Bina Mandiri itu sebelumnya menerima miliaran rupiah uang dari warga yang menjadi anggotanya. Agustus 2014, koperasi tersebut diketuai oleh Ujang Suwandi yang tertera pada lembar deposito para anggotanya. Kemudian, Desember 2014 kepengurusan berpindah dari Ujang Suwandi kepada Didin Sihabudin.

Muid Salah seorang korban yang mengaku telah menginvestasikan sebanyak Rp700 juta kepada koperasi tersebut, mengaku hingga kini uangnya itu tidak dikembalikan oleh pengurus koperasi.

"Sejak diganti Didin, Saya tidak pernah menerima hasil investasi. Uang simpanan juga tidak dikembalikan," ujarnya di Mapolres Serang.

Senada dikatakan korban lainnya, Najib. Ia telah mendepositokan uang sebanyak 350 juta, namun dirinya hanya menerima fee satu kali sebesar Rp 4 juta. "Awalnya saya setor Rp200 juta, dan dapat fee Rp4 juta. Lalu saya tambah lagi bulan depannya sebanyak Rp150 juta. Tapi sampai sekarang tidak ada kejelasan. Justru uang saya tidak dikembalikan," katanya.

Menurut Najib, ada sekitar 300 warga Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, yang menjadi korban. Akibat aksi penipuan ini, kerugian yang diderita masyarakat ditaksir lebih dari Rp10 miliar.

"Kalau di tempat kami ada yang mendepositokan Rp700 juta dan Rp500 juta. Koperasi ini juga menerima anggota dari wilayah lain seperti Sujung, Pontang dan Kronjo," terangnya.

Read 1963 times

mancing 1