Gubernur Banten : Tahun Baru Hijriah Sebagai Momentum Perbaikan Diri dan Masyarakat

Gubernur Banten : Tahun Baru Hijriah Sebagai Momentum Perbaikan Diri dan Masyarakat

detakbanten.com SERANG - Gubernur Banten Rano Karno mengajak segenap elemen umat islam, khusunya para ulama, mubaligh, ormas islam, lembaga dakwah dan lembaga pendidikan islam untuk memberi perhatian yang sungguh-sungguh terhadap upaya pembinaan umat dan peningkatan kualitas kehidupan beragama.

"Perhatiannya bisa melalui pemberdayaan, yaitu dakwah, tarbiyah, dan ukhuwah yang menyentuh kedalam isi, pesan dan tujuan beragama yang sesungguhnya," kata Gubernur saat Peringatan Tahun Baru Hijriah1437 H tingkat Provinsi Banten di Mesjid Raya Al-Bantani, KP3B Serang, Kamis (22/10).

Menurutnya, pergantian tahun hijriah hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk mengaktualisasikan nilai dan semangat hijrah untuk perbaikan diri dan masyarakat secara keseluruhan.

"Semangat hijrah antara lain semangat untuk meninggalkan hal-hal yang buruk dan menuju kepada yang lebih baik. Berhijrah dari kehidupan yang mengabdi kepada materi, kepada kehidupan mengabdi kepada ilahi, berhijrah dari kehidupan mementingakan diri sendiri kepada kehidupan yang peduli dan berempati terhadap sesama," kata Gubernur dihadapan ribuan jamaah yang memenuhi mesjid Al-Bantani.

HMSP5351

Gubernur juga mengajak agar seluruh umat islam dapat memaknai tahun baru hijriah untuk lebih memahami dan menyadari posisi, peran dan misi sebagai muslim di semua tataran kehidupan yang dihadapi. Hijrah nabi Muhammad SAW di Mekkah ke Madinah adalah merupakan tonggak sejarah yang telah mengubah peta baru dalam sejarah islam dan sejarah peradaban umat manusia di muka bumi ini.

HMSP5373

"Mengenang peristiwa ini mengandung hikmah yang besar bagi kehidupan umat islam, yakni mendorong semangat setiap muslim dimanapun untuk mengembangkan kesadaran dan kesungguhan mengamalkan ajaran islam sehingga islam dapat berperan menjadi kekuatan sejarah sepanjang masa serta berupaya membangun dan memelihara martabat umat," ucapnya.

Read 5514 times

mancing 1