Jaring Aspirasi Masyarakat Di Rumah Perjuangan

Rumah Perjuangan, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan Rumah Perjuangan, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan

detaktangsel.com - PAMULANG, Masyarakat Kelurahan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) mendirikan rumah perjuangan. Tempat ini difungsikan untuk sosialisasi pemilu, menjaring aspirasi masyarakat, serta mengetahui perkembangan politik di Indonesia.

Menjelang pemilu 2014, masyarakat harus cerdas memilih pemimpin untuk lima tahun ke depan. Dengan keberadaan rumah perjuangan di Jalan Anggrek ini diinisiasikan PDI Perjuangan.

Ketua Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Pondok Benda Suwardi mengatakan, keberadaan rumah perjuangan ini dapat menjadi motivasi masyarakat agar ikut berperan aktif dalam dunia perpolitikan. 2014 merupakan tahun politik karena akan digelar pemilu. Untuk itu, masyarakat harus mengerti dan tidak salah untuk menentukan pemimpin.

"Di rumah perjuangan ini titik awal perjuangan untuk berperan dalam pemilu," ungkapnya usai peresmian rumah perjuangan, Minggu (9/3).

Dikatakan, tempat berkumpulmya masyarakat di rumah perjuangan ini menjadi motivasi khususnya bagi pemilih pemula yang apatis terhadap pemilu, belum mengerti politik, serta membantu pemerintah untuk menyosialisasikan pelaksanaan pileg dan pilpres.

"Kami pun membantu pemerintah untuk menyosialisasikan pemilu. Masyarakat belum tentu tahu semua kapan pemilu dilaksanakan dan bagaimana tata caranya," katanya.

Menurutnya pemilu merupakan ajang untuk memilih pemimpin. Masyarakat harus cerdas dalam memilih caleg ataupun presiden.

"Yang pasti, caleg harus bisa membawa aspirasi, mengakomodir keingingan, serta mencerdaskan masyarakat," terangnya.
Sedangkan Pengurus Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Pondok Benda Burhanudin meminta kaum muda jangan sampai terjebak pada oknum yang tidak betanggung jawab untuk mengajak golput. Pasalnya, saat ini gaung golput disuarakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan apatis terhadap pemerintah.

"Gunakan hak suara Anda. Jangan mau menjadi golput. Kaum muda bakal menjadi pemimpin suatu hari nanti," katanya.
Menanggapi hal tersebut, politisi PDI Perjuangan Syamsul Hariyanto mengatakan, kehadiran rumah perjuangan untuk menjaring aspirasi masyarakat maupun memberikan pembelajaran politik. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih cerdas memilih caleg maupun presiden untuk lima tahun ke depan.

"Di rumah perjuangan, masyarakat bebas untuk berdiskusi maupun berdialog untuk kemajuan bangsa Indonesia. Rumah aspirasi ini untuk mejaring aspirasi masyarakat," kata caleg DPRD Provinsi Banten ini. (def)

Read 1930 times

mancing 1