Dana Bantuan Rp 14 Milyar Rawan Penyimpangan

Serpong- Konferensi pers Lsm LIRA, sorot Dana Banjir. Kamis (16/1)DT Serpong- Konferensi pers Lsm LIRA, sorot Dana Banjir. Kamis (16/1)DT

detaktangsel.com- SERPONG, Dana bantuan pascabanjir yang telah disapkan Pemkot Tangsel sebesar Rp14 miliar rawan akan penyimpangan.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Tangsel, Iman Darmaji mengatakan dana bantuan tersebut rawan akan penyimpangan. Anggaran tersebut berasal dari pemerintah pusat sebesar Rp9 miliar dan Rp5 miliar dari APBD 2014.

"Dana bantuan memang rawan akan penyimpangan dan diselewengkan oknum-oknum," ungkap Iman, Kamis (16/1).

Menurutnya, sangat mengherankan jika dana bantuan bencana dialokasikan pada 2014. Padahal, APBD tahun ini belum disahkan oleh DPRD.

"Kita akan mengawasi penggunaan dana tersebut," ujarnya.

‪Sebelumnya, Pemkot Tangsel  menyiapkan anggaran sebesar Rp 14 Milyar untuk  perbaikan-perbaikan infrastruktur yang rusak akibat banjir. Selain itu, dana  tersebut juga digunakan untuk para korban  musibah banjir.
Sekda Kota tangsel, Dudung E Diredja mengatakan, dana sebesar Rp 14 Milyar sudah disiapkan olehnya untuk perbaikan sarana infrastruktur jalan yang rusak akibat banjir dan juga revitalisasi saluran air.

“Anggaran tersebut sudah ada,” ucapnya.

Menurutnya, dana tersebut berasal bantuan dari Pemerintah  pusat sebesar Rp 9 Milyar dan Rp 5 Milyar dari Pemkot Tangsel.

“Rp 5 Milyar murni dari anggaran APBD 2014,” ucapnya.

Kata dia, pihaknya dalam hal ini juga menggandeng Dinas Kesehatan, Bina Marga dan Sumber Daya Air, Badan Lingkungan Hidup Daerah dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tangsel untuk membantu para korban banjir.

“BPBD akan menggandeng dinas terkait untuk membantu para korban banjir dan juga mengantisipasi adanya banjir susulan yang kemungkinan bisa merendam sebagian wilayah yang sudah kami identifikasikan menjadi titik rawan  banjir,” ucapnya.

Read 2088 times
Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online