Schalke 04 Siap 'Lahir' Dari Penambang Batubara

Schalke Schalke

detaktangsel.com - JAKARTA - Die Kanppen, julukan klub Shalke 04. Klub ini berdiri 1904. Schalke 04, satu-satunya klub kebanggaan penambang batubara. Klub anggota Bundesliga Jerman ini menyandang panggilan  Die Knappen  berasal dari kata kuno Jerman yang berarti penambang. Klub tersebut memang didirikan oleh anak muda yang bekerja sebagai penambang atau anak-anak para pekerja tambang.

 Schalke harus menunggu selama delapan tahun untuk bisa berlaga di liga Jerman Barat, tepatnya pada 1912. Mereka bisa menjadi anggota liga setelah dilakukan merger organisasi olahraga.
Fußball-Club Gelsenkirchen-Schalke 04 kembali menunggu bertahun-tahun untuk meraih titel juara. Impian itu akhirnya tercapai saat mereka memenangi liga Jerman Barat pada 1929.
Namun, setahun kemudian mereka mendapat sanksi karena memberikan gaji yang melebihi ketentuan yang ditetapkan liga.
Schalke dilarang bertanding selama enam bulan. Hukuman itu tak mengurangi popularitas klub. Saat kembali untuk pertama kalinya setelah menjalani sanksi, pertandingan Schalke disaksikan oleh 70.000 penonton.
 Sejak itu, Schalke menunjukkan dominasinya di liga. Mereka beberapa kali menyabet titel liga pada 1933-1942. Sebelum Perang Dunia II, Schalke sudah memenangi enam gelar.
Hanya, prestasi mereka tak lagi membanggakan setelah PD II. Mereka hanya sekali memenangi liga pada 1958. Selanjutnya, Schalke tak pernah menjadi juara meski kompetisi sudah berganti menjadi Bundesliga Jerman.
Meski jarang menuai prestasi tinggi,   popularitas Schalke tak pernah merosot. Bahkan mereka termasuk salah satu klub sepakbola paling populer di Jerman.
Schalke yang memiliki rivalitas dengan Borussia Dortmund yang merupakan klub olahraga yang memiliki lebih dari 84 ribu anggota. Ini menjadikan Schalke sebagai klub olahraga terbesar kedua di Jerman.
 Percaya diri tinggi menghinggapi punggawa Schalke 04.  Wakil dari Bundesliga itu harus bentrok dengan salah satu kandidat juara Liga Champions musim ini. Schalke mendapatkan kesempatan untuk bermain lebih dulu di kandang mereka, Gelsenkirchen, 26 Februari mendatang.
 Dua pekan mendatang, tepatnya   19 Maret, gantian Farfan Cs yang harus menyambangi El Real di Santiago Bernabeu. Meski Madrid memiliki kemenangan 100 persen di kandang mereka. Namun Farfan mengaku tak gentar akan status tersebut.
 “Dalam pertandingan sepakbola apa pun bisa terjadi. Kami akan semaksimal mungkin untuk bisa menyingkirkan Real Madrid dari Liga Champions,”ucap Farfan seperti dilansir Football-Espana.
 Schalke lolos ke babak 16 besar usai menjadi runner-up Grup E dengan mengoleksi 10 poin. Nilai itu hasil dari tiga kali menang, sekali imbang, dan dua kali menelan kekalahan, yang mereka dapatkan saat berjumpa Chelsea. The Blues sendiri berhasil menjadi juara Grup E dengan 12 poin.
Punggawa Schalke 04 adalah Timo Hildebrand, Benedikt Hoewedes,  Dennis Aogo,  Atsuto Uchida,  Joel Matip, Kevin-Prince Boateng,  Julian Draxler,  Jermaine Jones,  Christian Fuchs,  Roman Neustädter, dan Adam Szalai. Adapun pelatih adalah  Jens Keller. (ded/berbagai sumber)

Rate this item
(0 votes)
Go to top