Jusuf Kalla : Tangsel harus Siapkan 60 Kantong darah Perhari

detaktangsel.com - PONDOK AREN, Kota Tangsel merupakan Kota yang memiliki rumah sakit terbanyak namun tidak dilengkapi dengan kantong darah yang memadai. Padahal kebutuhan di kOta ini mencapai 60 kantorng tiap harinya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan meskipun di Kota Tangsel mempunyai puluhan rumah sakit swasta. Tetapi, kebutuhan darah untuk pasien masih minim.   

"Tangsel kota yang paling banyak rumah sakitnya. Namun, belum dilengkapi dengan persedian kantong darah," ungkapnya ditemui disela-sela Car Free Day di Bintaro, Pondok Aren, Minggu (19/1).

Dikatakan, kurangnya kantong darah. Lantaran belum banyaknya persediaan darah dikarenakan PMI Kota Tangsel baru setelah pemekaran dari Kabupaten Tangerang.

"Di kota Tangsel baru sanggup 20 kantong darah per hari. Padahal kebutuhan perharinya mencapai 60 kantong darah. Sehingga masih disuplai dari DKI Jakarta, Depok dan Tangerang," ujar mantan wakil presiden RI itu.

JK berharap kedepannya, kota yang dipimpiun Walikota Airin Rachmi Diany tersebut bisa memenuhi kebutuhan kantong darah untuk kebutuhan masyarakat yang tinggal di Kota Tangsel.

"Ini lagi musim hujan perlu diwaspadai pasca hujan akan dampak penyakit seperti DBD. Sehingga kebutuhan darah pasti meningkat," terangnya.(def)

Rate this item
(0 votes)
Go to top