Bangunan Fakultas Ekonomi UNTIRTA Ambruk

Bangunan Falkutas Ekonomi Untirta Ambruk Bangunan Falkutas Ekonomi Untirta Ambruk

detakserang.com - SERANG, Bangunan Kelas Fakultas Ekonomi Lantai 4 Gedung B, Universitas Iirtayasa (Untirta) Banten ambruk, Senin (17/3). Peristiwa ini diketahui sekitar pukul 21.00.

Kepala Humas Untirta Drs Agustiar Awayani mengaku mendapat informasi sekitar pukul 11:00 WIB,  selanjutnya melakukan penelusuran di lokasi kejadian.

Dari penelusuran, ia menjelaskan, pihak Universitas baru sekali melakukan pemeliharaan, pengecatan, perawatan gedung, serta perawatan alat belajar semenjak pembagunan pada 2003.

Karena takut menimbulkan korban, ia menambahkan, maka plafon gedung diambrukkan pengelola.

Keterangan itu tidak seperti yang dilihat mahasiswa dan rekan media saat mengambil gambar. Peristiwa ini seperti tidak direkayasa. Banyak balok kayu yang lapuk dan dimakan rayap. Bahkan, banyak balok kayu dan bekas patahan-patahan gipsun mengantung di atap.

Adapun gipsun yang jatuh menimpa alat belajar seperti bangku belajar, meja, serta papan tulis. Peristiwan diduga jauh dari unsur sengaja diambrukkan.

Kabag Umum Rektorat Sutyo Hendra Mulyo mengatakan, perawatan gedung per tahun menelan biaya Rp50 juta. Dana berasal dari anggaran APBN itu untuk biaya perawatan seperti perbaikan plafon, pengecetan, dan perbaikan pintu.

"Lembaga pendidikan ini memiliki 24 ruang. Besaran anggaran Rp50 juta itu sangat minim," tambahnya. (mow)

Rate this item
(0 votes)
Go to top