PEMBINAAN GENERASI MUDA TANGGUNG JAWAB BERSAMA

Letkol Inf Ruddy Hermawan Saputra Hidayat, S.IP , Dandim 0506/Tgr (DT) Letkol Inf Ruddy Hermawan Saputra Hidayat, S.IP , Dandim 0506/Tgr (DT)

Serpong- Hari Sumpah Pemuda saat ini sudah memasuki usia 85 tahun sejak pertama kali diikrarkan,28 Oktober 1928 silam. Dalam memaknai hari Sumpah Pemuda, semangat persatuan para pemuda dulu, tentunya harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi Nusa dan Bangsa.

Sebagai aset bangsa, para pemuda tentu saja harus diarahkan dan diberdayakan agar dapat bermanfaat untuk kepentingan bangsa Indonesia kedepan. Demikian diungkapkan Dandim 0506/Tgr,  Letkol Inf Ruddy Hermawan Saputra Hidayat, S.IP saat wawancara eksklusif dengan Detak Tangsel.com bertemakan peran TNI dalam membina generasi muda, di Makoramil Serpong, Jum’at(25/10).

Agar para pemuda bisa menjadi sumber daya yang handal lanjut Dandim, tentu saja tergantung kepada pengelolaan. Oleh karenannya,  TNI mempunyai program pembinaan setiap triwulan, mulai dari kegiatan non fisik berupa pembekalan bela negara, pengarahan, pendidikan pendahuluan bela negara (PPDB) dan kepramukaan serta yang lainnya. Sementara untuk fisik, lebih kepada kegiatan out bound untuk melatih jiwa kepemimpinan dan semangat kerjasama.

Dalam menjalankan program tersebut, selama ini TNI juga bekerjasama dengan pihak sekolah. Hanya saja diakuinya, masih banyak keterbatasan  karena kuantitas pelaksanaan program belum bisa ekuivalen dengan jumlah generasi muda yang ada, ujar  Dandim.

Lebih jauh kata Dandim, meskipun pembinaan generasi muda sangat penting, terkadang sosialisasinya masih kurang mendapatkan pehatian atau tidak booming dan kalah dengan program kegiatan lainnya.  “Kebanyakan orang  berasumsi, bahwa  tanggung jawab tersebut  merupakan kewajiban pihak sekolah semata, padahal tidak demikian. Suksesnya pembinaan generasi muda tentu saja tanggung jawab semua pihak, termasuk peran orangtua dirumah,” jelasnya.

Kepada seluruh pemuda, Dandim berpesan untuk tetap memelihara dan mengobarkan semangat persatuan dalam mengisi kemerdekaan, tanpa melihat perbedaan yang ada.(mln) 

Rate this item
(0 votes)
Go to top