Lapangan Kramatwatu Akan Jadi Alun-Alun

detakserang.com - KRAMATWATU, Lapangan Kramatwatu, Kabupaten Serang segera dibangun menjadi alun-alun, Mei mendatang. Kebijakan ini terkait Kabupaten Serang belum memiliki alun-alun. Sehingga Dinas Tata Ruang Kabupaten Serang menempatkan alun-alun di Kecamatan Kramatwatu.

"Insya Allah, Lapangan Kramatwatu segera dibangun menjadi alun-alun pada April atau Mei mendatang," ujar Camat Kramatwatu Nur Saad, Jumat (28/3).

Menurut informasi dari Dinas Tata Ruang setempat, kata Nur Saad, saat ini lagi dalam tahap lelang. Anggaran yang akan diturunkan untuk pembangunan alun-alun Kramatwatu sebesar Rp3,6 miliar. Pada saat ini baru dicairkan Rp1,4 miliar untuk pemagaran. Sedangkan sisanya akan dicairkan ketika APBD perubahan.

Ia menjelaskan, sebenarnya Alun-alun Kabupaten Serang berdiri di Kecamatan Ciruas. Karena pusat pemerintahan di kawasan tersebut. Berhubung lahan di Kecamatan Ciruas belum siap untuk pembangunan alun-alun, maka dipindahkan ke Kecamatan Kramatwatu.

Nur Saad menambahkan, pihaknya juga sudah menyosialisasikan ke para pedagang kaki lima (PKL) di lingkungan lapangan Kramatwatu untuk segera pindah ke Pasar Insuk.

"Sebanyak 16 PKL yang akan dipindahkan ke Pasar Induk Kramatwatu. Jadi ketika alun-alun dibangun, sudah tidak ada lagi PKL berdagang di kawasan Alun-alun Kramatwatu. Hal ini untuk menghindari alun-alun dari kekumuhan. (alie)

Rate this item
(0 votes)
Go to top