Di Banten, 6.727 Warga Binaan Dapat Remisi

Di Banten, 6.727 Warga Binaan Dapat Remisi

detakserang.com - SERANG, Sebanyak 6.727 warga binaan di lapas se- Provinsi Banten mendapatkan remisi Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-69 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal tersebut dilakukan secara simbolis di Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas IIa Kota Serang, Minggu (17/8).

Adapun warga binaan tersebut terdiri atas Lapas Kelas I Tangerang sebanyak 841 orang, Lapas Kelas IIA Pemuda Tangerang (1106), Lapas Kelas IIA Wanita Tangerang (194), Lapas Kelas IIA Anak Pria Tangerang (175), dan Lapas Kelas IIB Anak Wanita Tangerang (35). Sedangkan di Lapas Kelas IIA Serang (564), Lapas Kelas III Cilegon (91), Rutan Kelas I Tangerang (544), Rutan Kelas IIB Serang (96), Rutan Kelas IIB Pandeglang (50), serta Rutan Kelas IIB Rangkasbitung (50). Adapun total keseluruhan warga binaan se-Banten yakni 6.727 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Banten Danan Purnomo menjelaskan, remisi tersebut untuk memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat, khususnya para narapidana tentang integral bangsa. Hal Ini untuk menunjukkan bahwa mereka juga merupakan bagian dari integral bangsa Indonesia yang dapat memberikan kontribusi positif dengan melaksanakan pembangunan demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, lanjut Danan, remisi itu juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa penyesalan bagi para narapidana atas perbuatan pada masa sebelumnya. Dan, tidak mengulangi lagi pada masa mendatang.

Khusus untuk narapidana yang terkait kejahatan luar biasa, ia mengatakan, pemberian remisi harus telah membayar lunas ganti rugi.

Sementara itu, Plt Gubernur Banten Rano Karno menyerahkan remisi. Menurutnya, para narapidana yang mendapat remisi terdiri atas 153 narapidana bebas, dan sebanyak 3.593 narapidana mendapat pengurangan hukuman.

"Ada yang bebas dan ada yang dikurangi masa hukumannya," katanya.

Dalam acara tersebut, tampak sejumlah hasil karya warga binaan yang dipamerkan. Karya tersebut berupa kotak tisu hias, sangkar burung, guci, manik-manik, kolase pada papan, peralatan makan dari kayu, dan ranjang besi hingga peti mati.

Read 1457 times
Go to top
JSN Time 2 is designed by JoomlaShine.com | powered by JSN Sun Framework