>

Sportivitas dan Fairplay Sepak Bola mendukung Revolusi Mental

Sportivitas dan Fairplay Sepak Bola mendukung Revolusi Mental Sportivitas dan Fairplay Sepak Bola mendukung Revolusi Mental

DetakSerang.com-Tangsel, Selama ini sering terdengar bahwa olahraga dapat membangun karakter seseorang. Olahraga dan aktivitas fisik adalah salah satu cara bagi seseorang untuk meningkatkan kebugaran serta mengoptimalisasikan fungsi organ-organ tubuh. Namun demikian, selain untuk tujuan di atas olahraga serta aktivitas fisik dapat pula dijadikan sarana bagi seseorang maupun sekelompok orang untuk membangun karakter masing-masing. Seperti diketahui bahwa dengan berolahraga, karakter individu dapat dengan mudah diketahui serta dapat membawa seseorang ke dalam situasi yang lebih baik

sportifitas dan fairplay sepakbola detaktangselcom3Partisipasi dalam olahraga merupakan bagian gaya hidup sehat yang perlu dikembangkan. Partisipan olahraga mulai dari usia muda sampai tua, dari tingkat permainan untuk tujuan rekreasi sampai tingkat profesional. Alasan keikutsertaan seseorang dalam olahraga sangat beragam mulai dari alasan kesehatan, kebugaran, maupun dengan alasan lain seperti membentuk karakter positif dan sosialisasi. Banyak orang menemukan olahraga sebagai sumber kegembiraan dan kepuasan diri. Tidak diragukan lagi bahwa banyak anak muda mengalami kematangan kepribadian melalui pengalaman dalam olahraga. Namun demikian, efek pasti olahraga pada pembentukan karakter positif sangat ditentukan kondisi-kondisi yang dialami pada saat berolahraga.

Masalah utama olahraga saat ini pada semua tingkatan adalah meningkatnya perilaku tidak sportif dan kecurangan serta karakter yang negatif. Skandal kecurangan, obat-obatan, kekerasan, saling tidak menghormati dan perilaku-perilaku lain yang tidak sportif. Nilai-nilai positif olahraga, seperti sportivitas, kerjasama, disiplin, kepemimpinan, kejujuran, tanggungjawab dan saling menghormati seharusnya mampu membawa pelaku olahraga kearah pembentukan karakter positif dalam olahraga maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Seportifitas dan fairplay sepakbola detaktangselcom2Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan secara tim. Sepakbola merupakan olahraga yang paling digemari di seluruh penjuru dunia. Dari waktu ke waktu permainan sepakbola baik yang bersifat rekreatif. edukatif maupun prestatif telah banyak diselenggarakan di berbagai tempat dan kesempatan dari tingkat anak-anak sampai dewasa dalam bentuk amatir maupun profesional. Melalui permainan sepakbola seseorang akan memperoleh kesempatan dan keuntungan dalam mengaktualisasikan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Permainan sepakbola tidak hanya memberikan manfaat untuk fisik dan mental saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat secara sosiologis bagi pelakunya. Permainan sepakbola dapat menjadi wahana dalam pengembangan berbagai aspek kehidupan manusia termasuk di dalamnya adalah pengembangan nilai-nilai karakter, fair play, dan sportivitas.

Minggu Pagi, (7/9) Liga Bola yunior yang dikuti oleh beberapa Team SSB U7,U9 dan U11 membuat semarak Lapangan Sabnani Parksportifitas dan fairplay sepakbola detaktangselcom4 Soccer Center di Jl Rawa Kutuk, Kampung Dongkal, Pondok Jagung, Serpong Utara Tangerang Selatan.
Antusias pemain Usia belia meliuk-liuk dalam mengolah bola dan menjebol gawang lawan sungguh mempesona, Hal ini tidak kalah dengan sorak sorai serta semangat penonton baik di tribun penonton maupun sisi lapangan dalam mendukung team masing-masing.

Dengan diadakannya kompetisi ini secara tidak langsung pembinaan dini yang sangat positif bagi perkembangan mental dan fisik anak-anak dapat tercipta, mungkin dapat dikatakan sesuai dengan jargon salah satu pasangan presiden terpilih yaitu "Revolusi Mental"

Sesuai Dengan propagandakan fairplay, dan secara resmi logo fairplay yang dikenal dengan slogan "My Game is Fair Play" diumumkan pada tahun 1993. Sejak saat itu, tradisi pemberian penghargaan kepada insan sepakbola yang dinilai mampu memberikan teladan yang baik bagi masyarakat sepakbola dunia kian gencar diberikan. FIFA kemudian menciptakan "Golden Rule" yang diharapkan bisa menjadi pedoman bagi seluruh insane sepakbola dunia. Armando Pribadi (2010), secara sederhana dan ringkas mengartikan "Golden Rule" FIFA sebagai berikut:

Jangan bermain membahayakan pemain lawan.

Hormati aturan main dan jalankan dengan baik semua instruksi official.

Hormati lawan seperti selayaknya kolega kita di sepakbola.

Tetap mampu memperlihatkan sikap menjunjung tinggi disiplin, walaupun dalam situasi yang sulit atau tidak mengenakkan.

Berikan dukungan terhadap siapapun yang berupaya mengenyahkan tindakan curang dalam pertandingan.

Tunjukkan perhatian besar terhadap pemain yang cedera dengan segera menghentikan pertandingan dalam situasi apapun.

Jangan pernah punya niat untuk balas dendam terhadap kesalahan yang dilakukan pemain lain.

Main sesuai dengan perintah tiupan peluit wasit.

Rendah hati saat merayakan kemenangan, serta berjiwa besar dalam menerima kekalahan.

Memberikan penghargaan terhadap individu atau lembaga yang secara luar biasa telah menjunjung tinggi sikap-sikap fair play.

Sportivitas.

sportifitas dan fairplay sepakbola detaktangselcom8Upaya untuk menanamkan karakter, fair play dan sportivitas dibutuhkan proses yang sangat panjang, sehingga kesadaran dari dalam diri atlet harus pula menjadi acuan yang kuat apabila ingin menjadi seorang atlet yang berhasil. Melalui olahraga orang menemukan kegembiraan dan kepuasan diri serta mengalami kematangan kepribadian melalui pengalaman dalam olahraga. Olahraga permainan seperti sepakbola menyediakan ruang untuk bersosialisasi dengan orang lain karena olahraga tersebut dimainkan secara tim. Sepakbola sebagai salah satu permainan yang paling digemari di dunia juga mempunyai beberapa nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Melalui permainan sepakbola, diperoleh nilai-nilai karakter sebagai bekal yang cukup berharga yang dapat digunakan dalam menjalankan peran di tengah-tengah masyarakat.

Bagai upaya menuju keberhasilan menanamkan nilai-nilai karakter, fair play, dan sportivitas, seorang pelatih maupun praktisi sportifitas dan fairplay sepakbola detaktangselcom 5olahraga harus memahami bagaimana cara yang tepat untuk melatihkan hal tersebut kepada anak latihnya. Apabila ketiga konsep di atas telah tertanam dalam diri seseorang, maka dalam bertanding maupun kelak hidup di tengah-tengah masyarakat persoalan-persoalan yang ada akan dengan mudah diatasi dan dapat menjalani hidup dengan harmonis.

Melihat hal ini pemerintah daerah melalui lembaga yang berkompeten dapat mendukung kegiatan ini dengan realisasi program kerja dan anggaran yang dimilikinya, sehingga dapat mendukung salah satu dari "Revolusi Mental" yang didengungkan.

Rate this item
(1 Vote)
Go to top