Tahun Baru Islam Dan 3 Tahun Forwani Di Isi Dengan Aksi Donor Darah

detaktangsel.com SERPONG - Puluhan perempuan berseragam orange dipadu dengan beragam warna kerudung yang menutupi seluruh bagian kepala, nampak memenuhi ruang tunggu dan ruang aktaf (pengambilan darah) yang ada di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Tangsel, Senin (27/10).

Kedatangan puluhan perempuan yang sebagian besar didominasi oleh ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan Forum Wanita Nasional Indonesia (Forwani) Tangsel tersebut, tak lain untuk melakukan kegiatan donor darah yang rutin dilakukan tiap pertiga bulan di markas bank darah tersebut.

Ketua Forwani Tangsel, Hj. Elsye Martinelli mengatakan, dengan memberikan setetes darah, berarti ikut menyumbangkan sesuatu yang sangat berarti kepada masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkannya. Sehingga, dengan demikian akan mendatangkan kepuasan psikologis bagi si pendonor.

"Mendonorkan darah, berarti kita ikut memperpanjang hidup orang lain. Sebab, satu kantong darah Insaya Allah dapat menyelamatkan 3 nyawa," ucap Elsye membandingkan.

Menurut wanita yang akrab disapa Bunda Elsye ini menambahkan, aksi donor darah yang dilakukan oleh para anggota Forwani ini sekaligus untuk mengisi perayaan tahun baru Islam, 1 Muharram 1436 Hijriah yang jatuh pada tanggal 25 Oktober 2014, Sabtu kemarin. Selain itu, donor darah yang dilakukannya juga menandai tiga tahun berdirinya Forwani.

"Sebetulnya kita ingin melakukan donor hari Sabtu kemarin. Berhubung libur nasional, kita undur jadi hari ini, momennya pun pas dengan tahun baru Islam, ya sudah kita sepakat," ungkapnya.

Namun, kata dia, adanya kegiatan aksi donor darah yang dilakukan anggota Forwani menjadi salahsatu pungsi untuk berbagi dengan sesama.

"Intinya kita hanya ingin berbagi, mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat bermanpaat bagi sesama," ujarnya.

Kepala Unit Donor Darah (UDD)Dr. Alwan Tamara melalui bagian Penanggung Jawab Menejemen Kualitas Darah pada PMI cabang Kota Tangsel Dr. Latifah Hanum mengatakan, banyaknya organisasi kemasyarakatan yang ada di Tangsel saat ini, akan lebih bermanpaat apabila setiap anggotanya turut serta mendonorkan darahnya untuk disumbangkan bagi mereka yang membutuhkan. Apalagi, dengan melakukan donor darah secara rutin, akan mengurangi berbagai macam penyakit yang ada didalam tubuh.

"Jika semua ormas yang ada di Tangsel turut mendonorkan darahnya, berarti mereka sudah memberikan harapan terbaik bagi mereka yang membutuhkannya," pungkasnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top