Tahukah Anda 5 Jenis Jus Buah Bisa Mengatasi Influenza

ilustrasi ilustrasi

detakbanten.com - Saat musim pancaroba berlangsung, yakni ketika masa pergantian dari musim panas ke musim hujan, banyak orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah akan terkena penyakit musiman, yakni influenza.

Beberapa gejala yang terlihat dari seseorang yang terkena virus influenza antara lain: hidung tersumbat, demam, ingusan, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk serta lesu. Influenza akan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-7 hari jika tidak disertai dengan komplikasi penyakit lain dan daya tahan tubuh meningkat.

Oleh sebab itu, untuk mengusir serangan flu dari tubuh kita, maka satu hal yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan vitalitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan atau minuman sehat, terutama yang mengandung antioksidan dan vitamin C. Beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi flu antara lain: mangga, jeruk, anggur, pepaya, jambu biji, tomat, apel, brokoli, stroberi, bayam, dan wortel.

Berikut disajikan 5 jenis jus yang bisa membantu anda menghilangkan influenza.

1. Jus Mix Jeruk Pepaya
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 200 gram pepaya, 250 ml air jeruk, dan 1 sdm jeruk nipis. Semua bahan dicampur menjadi satu dan diblender.

2. Jus Brokoli Mangga
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 100 gram brokoli, 200 gram mangga, 1 sdm air perasan jeruk nipis, 1 sdm madu, dan 250 ml air minum. Langkah-langkah pembuatannya, pertama campur brokoli dengan mangga, kemudian blender bersama air minum. Tambahkan dan aduk merata air jeruk nipis dan madu saat penyajian.

3. Jus Wortel Anggur
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 100 gram wortel, 150 gram buah anggur, 1 sdm madu, dan 1 gelas atau 200 ml air minum. Proses pembuatannya, wortel dan anggur bersama dengan air diblender. Kemudian sajikan dengan 1 sendok makan madu, aduk rata.

4. Jus Jambu Apel
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 1 buah jambu biji ukuran sedang, 1 buah apel ukuran sedang, 1 sdm air jeruk nipis, 1 sdm madu, dan 250 ml air minum. Buah jambu dan apel diblender bersama air minum. Setelah selesai, tambahkan jeruk nipis dan madu saat penyajian.

5. Jus Tomat Stroberi
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 1 buah tomat berukuran sedang, 5 buah stroberi, 1 sdm madu, dan 200 ml air minum. Cara membuatnya: buah tomat dan stroberi bersama air diblender. Setelah halus tambahkan madu agar lebih enak.

Rate this item
(0 votes)
Go to top