Oknum Warga Barengkok, Diduga Rampas Hak Desa

Pjs Desa Barengkok, Jasria Pjs Desa Barengkok, Jasria

detakbanten.com SERANG - Oknum warga Barengkok berinisial MDH, diduga telah merampas dana operasional desa atas kompensasi pengelolaan limbah, selama dua bulan sebesar Rp160 juta, dari pihak pengusaha. Akibatnya, hal tersebut menimbulkan gejolak di masyarakat.

Pjs Desa Barengkok, Jasria mengatakan, dirinya terkejut saat pertama kali menerima dana kompensasi dari pengusaha pengelola limbah perusahaan yang diserahkan kepada pihak desa, tanpa melalui rekening, hanya sebesar Rp52 juta. "Dana yang untuk operasional desa sebesar Rp80 juta, tidak diberikan oleh MDH ke saya. Itu mungkin untuk pribadi MDH," katanya, Sabtu (07/05).

Kemudian, lanjut Jasria. Ia menegaskan agar pengusaha tersebut kembali menyerahkan dana kompensasi melalui rekening desa. Hal itu lalu diterapkan dalam surat pernyataan. Namun, hal itu tidak di indahkan, sehingga terpaksa dilakukan penegasan pemutusan kerjasama.

"Keputusan ini berdasarkan musyawarah dengan perangkat desa, dan BPD," jelasnya.

Akibatnya, kata Jasria. Hal itu menimbulkan konflik, sehingga terjadi aksi penyerangan karena oknum warga tersebut tidak terima dana kompensasi kembali diserahkan kepada pihak desa. "Mungkin karena tidak terima keputusan ini, oknum itu mengajak warga luar menyerang masyarakat saya, dan menyebabkan puluhan orang luka ringan, dua orang luka berat akibat senjata tajam," ujarnya.

Jasria berharap, persoalan tersebut kembali membaik, termasuk kesembuhan korban penganiayaan, dan diprosesnya pelaku sesuai aturan hukum yang berlaku. "Semoga masalah ini cepat selesai, dan semuanya kembali membaik tanpa ada konflik berkepanjangan," ujarnya.

Terpisah, Camat Kibin, Lukman Harun mengatakan, guna mengantisipasi konflik yang berkepanjangan, pihaknya telah berkoordinasi bersama Muspika untuk menjaga situasi wilayah yang kondusif. Dengan begitu, keamanan dan kenyamanan warga dapat tetap terjaga.

"Saya sudah koordinasi dengan Kapolsek juga Danramil, untuk bersama-sama menjaga situasi kondusi kondusif wilayah Barengkok," katanya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top