>

Minat Investor di Banten Kian Meningkat

kawasan Industri Di Banten kawasan Industri Di Banten

detakbanten.com SERANG – Provinsi Banten menempati peringkat ke-6 Nasional Tahun 2014 untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), dengan nilai investasi sebesar Rp 8 triluin. Jumlah tersebut naik dari tahun 2013 yang hanya mendapat investasi sekitar 4 juta USD atau sekitar Rp 5 triliun. Jum'at (20/2).

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten Ranta Soeharta mengatakan,  dari Rp 8 triliun tersebut didapat dari sekitar 100 proyek. "Untuk Tahun 2013, nilai proyeknya sama ada sekitar 101 proyek, tapi 2014 nilainya yang besar, jadi nilai investasinya naik," tegasnya

Sementara itu Ranta mengatakan, untuk penyumbang investasi terbesar PMDN berasal dari sektor Sumber Daya, yaitu dari listrik, gas, dan air, dengan jumlah presentase sebanyak 67 persen.

"Kalau penyumbang tersebusar PMDN paling banyak itu listrik, gas, dan air dengan jumlah investasi sebesar Rp 5,39 Triliun," ungkapnya.

Masih Ranta, untuk penyumbang terbesar kedua berasal dari industri logam dasar, barang logam dan mesin elektronik. Barang-barang tersebut menyumbang investasi dengan nilai Rp 1,89 triliun atau sebanyak 23 persen dari total keseluruhan PMDN. Dan yang ketiga, penyumbang terbesar untuk PMDN adalah industri makanan dengan nilai investasi sebanyak Rp 0,2 triliun atau sekitar dua persen dari keseluruhan investasi.

"Selebihnya berasal dari semua industri sebanyak 8 persen atau sebanyak Rp 0,52 triliun," katanya.

Sementara itu untuk tahun 2015 sendiri, saat ini targetnya akan disesuaikan kembali. "Rencananya minggu depan Plt Gubernur akan melakukan konpres terkait rencana, target, dan strategi untuk 2015 ini, saya juga tidak bisa mendahului," pungkasnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top