Empat Pegawai Tempat Hiburan di Serang Terjangkit HIV

detakbanten.com SERANG – Sedikitnya empat dari sejumlah pegawai tempat hiburan di Kota Serang, dinyatakan positif terjangkit virus Human Immunodeficiency Virus (HIV), dan satu orang dinyatakan spilis. Hal tersebut diketahui berkat program Dinas Kesehatan melalui kegiatan sero survey HIV dan VCT.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Ella Meidelena mengatakan, akhir tahun 2014 pihaknya berhasil menemukan sebanyak 4 pegawai tempat hiburan di Kota Serang terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

"Data tersebut diperoleh dari hasil kegiatan sero survey HIV dan VCT petugas kami di sekitar 14 tempat hiburan yang ada di Kota Serang, ditemukan 4 HIV dan 1 Sipilis," ungkap Ella, Kamis (21/5/2015).

Diungkapkan Ella, jika seseorang terjangkit virus HIV, pihaknya belum dapat menyampaikan secara langsung hasil tes tersebut kepada pengusaha Café. Sebab hal itu telah menjadi peraturan petugas kesehatan.

"Sesuai aturan, kita tidak bisa langsung sampaikan hasilnya. Tapi, ke depan nanti kita akan menyampaikan hal ini pada pengusaha kafe dan resto, agar dapat mewaspadai penularan penyakit berbahaya ini," kata Ella.

Ella menjelaskan, penularannya virus HIV/AIDs terjadi perubahan trend. Awalnya melalui jarum suntik, namun saat ini melalui hubungan seks."Tren nya berubah dari penularan lewat jarum suntik, sekarang lebih disebabkan oleh hubungan heterseks," jelasnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top