Camat Batuceper Menggali dan Mengembangkan Seni Budaya Beksi Marhali

detakbaten.com Kota TANGERANG - Dalam rangka upaya meggali dan megembangkan potensi seni budaya tradisional yang ada di kampung Beksi, Kelurahan Batusari, Kecamatan Batuceper Kota Tangerang. Camat Batuceper Mulyanto rajin memperkenalkan,membina dan mengembangkan Seni Budaya Beksi Marhali.

Hal tersebut dilakukan untuk melengkapi program Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Live City ( salah satu yang dapat dikembangkan di kota Tangerang,yaitu kota Tangerang yang layak dikunjungi wisatawan ).

"Tentunya peran dari masyarkat sangat dibutuhkan untuk menjaga,mempertahankan maupun melindungi serta melestarikannya," ujar Mulyanto, Selasa (9/6/15).

Menurut Mulyanto, kurang lebih 200 orang anggota kelompok Seni Beksi Marhali ikut bergabung dan rutin berlatih seni beladiri di wilayahnya.

IMG-20150609-WA000

Oleh karenanya,untuk mempertahankan seni budaya ini, masyarakat Batuceper sering mengisi panggilan pada acara-acara hajatan pernikahan /khitanan.

"Mereka biasa mempersembahkan atraksi seni palang pintu dan ondel ondel yang merupakan seni budaya Beksi Marhali Batuceper," katanya.

Selain itu,Pemkot melalui Kecamatan Batuceper juga sering mengadakan kegiatan pesta budaya,sebagai upaya proaktif dari pihak pemerintah untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat dalam upaya pemahaman dan mempertahankan
Seni budaya tradisional di daerah ini.

Mulyanto juga menambahkan, selain memiliki seni budaya, masyarakat di wilayahnya juga memiliki makanan khas seperti, makanan khas kacang ngumpetdawet item, dan lapis singkong . Untuk itu pihaknya berharap dengan berkesenian dan memiliki kuliner selain dapat
Melestarikaan budaya juga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"Ya, saya berharap para investor mau menanamkan modalnya di Batuceper karena lokasi wilayah nya yang strategis dekat dengan Bandara Soetta," pungkasnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top