TI Banten Kirim 16 Taekwondo Di Ajang Indonesia Open

detakbanten.com SERANG – Pada pelaksanaan kejuaraan internasional bertajuk 'Indonesia Open 2015' yang berlangsung di GOR Maja, Pekanbaru Riau, pada 3-6 September, Banten dipastikan memiliki banyak perwakilan. Itu terbukti, dengan diterjunkannya 16 Taekwondoin di ajang tersebut.

Dari 16 Taekwondoin yang terjun, diantaranya ada Ramdoni di kelas under 62 kilogram putra. Lalu ada Yuni Sega di kelas over 68 kilogram putri dan Gena Apsari di kategori poomsae.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Banten, Engkos Kosasih Samanhudi membenarkan hal tersebut. Kata dia, pihaknya memang sengaja menerjunkan banyak Taekwondoin.

"Ajang Indonesia Open ini kami jadikan tolok ukur menjelang Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON). Kami ingin melihat sampai sejauh mana kemampuan taekwondoin kita," papar Engkos usai pelepasan dengan KONI Banten di Sekretariat KONI Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Selasa (1/9).

Terpisah, Pelatih Taekwondo Banten, Malik Fidaus mengatakan, keputusan Indonesia Open dijadikan tolok ukur sebelum Pra PON dianggap sangat pas. Soalnya, ajang tersebut diikuti 25 negara. Para Taekwondo 'top' level internasional juga ambil bagian.

"Taekwondoin asal Iran, Malaysia, Korea semuanya berlaga disana. Jadi kita bisa mengukur kemampuan kita," kata Malik.

Tak hanya itu, Malik melanjutkan, beberapa provinsi di Indonesia juga ikut serta. Dengan demikian, dirinya bisa memantau peta kekuatan daerah lain sebelum berlaga di Pra PON.

Disinggung soal target medali, Malik menegaskan, tidak ada target apapun kepada taekwondoin. Mereka tidak ingin membebani taekwondoin dengan raihan medali. "Lagipula, bukan medali yang kami incar. Tapi, kami hanya ingin mengukur diri saja. Ingin melihat sampai sejauh mana latihan yang telah dilakukan selama ini," jelasnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top